IAIN Bengkulu Versi Webometrics: Tahun 2019 Naik Drastis di Pringkat Dunia dan Nasional

Jumat 13-09-2019,19:30 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, BENGKULU – Institut Agama Islam Negeri Bengkulu meloncat cukup tinggi di pringkat dunia dan Nasional Versi Webometrics. Berikut adalah kenaikan drastis pringkat IAIN Bengkulu dikutif dari Situs webometrics.info/en/Asia/Indonesia.

Tolak ukur pringkat ini berdasarkan Respon Publik terhadap IAIN Bengkulu dan Unggahan-unggahan Konten terkait IAIN Bengkulu di Media Digital. Seperti Youtube, Website, jurnal online dan jumlah halaman elektronik dalam suatu website universitas yang terindeks oleh 4 (empat) mesin pencari. Yaitu : Yahoo, Google, Live Search dan Exalead. Webometrics adalah situs yang digunakan oleh seluruh Perguruan Tinggi Dunia sebagai acuan untuk melihat pringkat website mereka. Baik ditingkat dunia maupun nasional. Selain website perguruan tinggi juga dapat melihat seberapa banyak respon publik di dunia media digital.

Setiap enam bulan webometrics merilis peringkat universitas- universitas dunia berdasarkan latihan ilmiah independen, obyektif, gratis, dan terbuka dilakukan oleh Cybermetrics Lab (Dewan Penelitian Nasional Spanyol, CSIC) untuk memberikan informasi yang andal, multidimensi, terbaru, dan bermanfaat tentang kinerja universitas dari seluruh penjuru dunia berdasarkan eksistensi dan "impact" dari website mereka.

Kenaikan peringkat yang sangat drastis ini merupakan prestasi besar bagi IAIN Bengkulu. Artinya respon publik terhadap IAIN Bengkulu sudah sangat luar biasa. Bahkan ditingkat dunia. Dizaman Era Digital seperti saat ini, masyarakat lebih aktif didunia maya. Setiap orang dipastikan memiliki handphone dan mendominasi memiliki akun media digital seperti Youtube, Facebook, Instagram, Twitter, dan Aplikasi mesin pencari untuk mengakses website. Jadi media digital sangat akurat untuk digunakan sebagai tolak ukur kemajuan dan kualitas, bukan hanya perguruan tinggi. Tapi bisa juga instansi atau perusahaan jasa lainnya.

Prestasi ini diapresiasi oleh Kepala Biro AUAK IAIN Bengkulu, Drs. H. Abd. Amri Siregar, M.Ag. Beliau menyambut gembira dan sangat bersyukur atas prestasi yang diraih IAIN ini. Menurut beliau, prestasi seperti ini harus lebih ditingkatkan dan minimal dipertahankan. ‘’Dan kedepannya langkah cepat kita dalam peningkatan rating ini harus didukung oleh semua pihak. Bukan hanya Humas, tapi juga dari penganggaran agar lebih diperhatikan.’’

Kasubag Humas Sri Ihsan, M.Pd.I, sangat mengapresiasi prestasi luar biasa ini, dan presatasi besar ini merupakan kerja keras dari para Tim Humas, dosen dan civitas akdemika IAIN Bengkulu yang tak pernah lelah dalam mempublish, baik kegiatan-kegiatan positif IAIN Bengkulu serta konten-konten video dan tulisan di media digital. Beliau berharap agar kita tak cepat puas, dan terus bekerja keras agar terus dapat ditingkatkan prestasinya.

Selain sebagai penentu pringkat, media digital juga efektif digunakan sebagai media promosi lembaga dan perusahaan, selain gratis, juga cepat sampai ke publik.(ae3)

Katagori                                 2018  2019    Jumlah Universitas 1 Peringkat Dunia                   9291  5843    15.852 ( Seluruh Dunia ) 2 Peringkat Nasional              125     105     2.424 ( Se- Indonesia ) 3 Peringkat PTKIN Nasional   12        7        58 ( Se-Indonesia )

 
Tags :
Kategori :

Terkait