Resmi Buka Penjaringan,  PAN Tawarkan Kopli

Senin 14-10-2019,10:14 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, BENGKULU - Pengurus Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Bengkulu melalui tim lima, pada Sabtu, (12/10) secara resmi telah membuka pendaftaran penjaringan kandidat balon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, baik Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu maupun Bupati dan Wakil Bupati dalam wilayah Provinsi Bengkulu, yang akan dicalonkan pada Pilkada serentak tahun 2020 mendatang. Dan untuk Balon Gubernur Bengkulu sendiri selain ada Ketua DPW H. Helmi Hasan SE, PAN juga akan menawarkan sosok kader muda potensial PAN Bengkulu, Kopli Ansori sebagai kandidat Balon Wagub.

“Kita (PAN-red) sengaja memilih hari ini membuka pendaftaran penjaringan kandidat balon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah karena PAN nomornya pada Pemilu Legislatif (Pileg) lalu nomor 12,” ungkap Ketua Tim Lima Penjaringan balon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dari PAN, Dedi Yanto didampingi Tim Lima lainnya di Sekretariat DPW PAN Provinsi Bengkulu, kemarin.

      Menurut Dedi, dengan telah dibukanya pendaftaran bagi para kandidat yang ingin maju pada pesta demokrasi tahun depan melalui perahu PAN, untuk pengembalian berkas pada 12 November 2019 mendatang.

      Sedangkan untuk syarat-syarat kandidat yang ingin mendaftar, sementara ini masih mengacu pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

“Kita akan melihat sejauh mana respon publik dengan dibukanya pendaftaran kandidat balon kepala daerah dan wakil kepala daerah selama satu bulan kedepan. Apalagi setelah ini juga akan ada aktifitas “ngopi bareng” atau diskusi dengan melibatkan stakeholder untuk membedah persoalan di Provinsi Bengkulu dan hasilnya nanti akan kita serahkan kepada kandidat yang diusung pada Pilkada nantinya,” ujarnya.

Ditanya Ketua DPW PAN Provinsi Bengkulu Helmi Hasan akan maju sebagai salah satu kandidat Gubernur ataupun Wakil Gubernur, ia menyebutkan, sepengetahuannya Helmi Hasan memang menyatakan siap lahir dan batin. Tetapi apakah benar-benar akan ikut nantinya, saat ini di samping konsen beribadah sembari membangun Kota Bengkulu, karena jabatannya sebagai Walikota masih menunggu tanda-tanda suara dari langit, meski juga dukungan dari berbagai elemen masyarakat mensuport rencana majunya pada Pilgub tahun depan. Apalagi di Desember ini, diakui, pihaknya juga akan menggelar survei internal dengan melibatkan pihak ketiga.

“Tanda suara langit dan hasil survei itu, selain akan menjadi acuan tidak saja bagi beliau (Helmi Hasan,red) sendiri untuk maju dan mendaftar ke partai lain, tapi juga melihat peluang para kandidat lainnya. Mengingat maju pada Pilkada sendiri target kita menang,” terang Anggota DPRD Kota Bengkulu ini.

Lebih jauh ditambahkan, dengan telah resminya dibuka proses penjaringan balon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah ini, meski PAN juga ada kandidat balon Wakil Gubernur muda yakni Kopli Ansori, namun akan menjadi parpol pengusung dan bukan pendukung pada Pilkada serentak tahun depan.

“Jika pada Pilkada sebelumnya, PAN hanya sebagai parpol pendukung, namun kali ini harus menjadi pengusung,” ujarnya.

Sementara itu, dengan telah resminya PAN membuka pendaftaran kandidat balon Gubernur dan Wakil Gubernur ini, tim lima langsung menerima komunikasi via telpon seluler dari mantan Gubernur Bengkulu melalui timnya, akan mengambil formulir. Oleh karena itu ditambahkan Dedi, pihaknya siap menunggu dan proses penjaringan ini terbuka bagi siapapun untuk mendaftarkan diri ke PAN yang memiliki modal 2 kursi di DPRD Provinsi Bengkulu.

“Informasinya tim Agusrin akan mengambil formulir, kita akan tunggu. Karena penjaringan ini terbuka bagi siapa saja yang ingin maju. Silakan mendaftar ke PAN Bengkulu,” tutup Dedi Yanto.(idn)

Tags :
Kategori :

Terkait