Pembukaan Porwil se Sumatera -X Dimeriahkan Musik Dol dan Penari

Senin 28-10-2019,11:49 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO  >>>   BENGKULU  >>>  Pesiapan Pekan Olahraga Wilayah se Sumatera ke X semakin matang. Selain mempersiapkan sapras kegiatan tersebut, juga telah mempersiapkan pembukaan acara nantinya. Menariknya lagi kegiatan itu akan menampilkan ratusan alat musik tradisional Bengkulu. Yaitu musik  dol. Selain itu juga diiringi dengan penari serta seniman yang tergabung dalam Asosiasi Penggiat Seni Bengkulu (APSB).

Disampaikan oleh Koordinator Lapangan Penari, Evy untuk saat ini persiapan sudah mencapai kurang lebih 80 persen. Saat ini untuk jumlah penari sebanyak 400 orang yang nantinya akan ditampilkan pada pembukaan berlangsung pada 2 November 2019 mendatang.

"Persiapan saat ini sudah semakin matang. Untuk penampilan  pembuka  nanti, kita menghadirkan penari berjumlah penari 400 orang penari," ujarnya kemarin Minggu (27/10) di Sport Center Pantai Panjang.

Setiap Minggunya untuk latihan berlangsung selama dua kali. Seperti diungkapkan panitia acara musik, Remy Juliant Fernandez, M.Sn, untuk penampilan akan disediakan sebanyak ratusan alat tradisional dari berbagai daerah se Sumatera. Selain itu nantinya akan ditampilkan musik daerah lain di Sumatera. Pembukaan untuk dol setelah itu musik dengan tarian daerah dan tari musik etnis modern.

"Musik etnis daerah lain di Sumatera juga ada. Nanti kami akan gladi bersih bersama pada 1 November mendatang. Kita mempersiapkan yang terbaik untuk acara nasional ini," tambahnya.

Menurutnya, ada beberapa kendala untuk latihan dikarenakan penari dari jam sekolah. Sehingga untuk latihan bisa dimulai pada jam 5 sore. "Karena anak anak penari banyak yang full day juga, makanya latihan kadang hanya satu jam saja. Namun persiapan tidak masalah. Kalau peralatan seperti dol dan sound sistem ini disimpan ada gudang disini. Harapan kita dengan adanya Porwil ini juga menampilkan ciri khas musik budaya kita," imbuhnya. (Bro)

Tags :
Kategori :

Terkait