Ratusan Seniman Sumbar Hibur Masyarakat Bengkulu

Kamis 07-11-2019,20:17 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Gratis! Barometer Seni dan Budaya Lokal Daerah

RBO, BENGKULU - Sebanyak 130 Seniman Sumatera Barat (Sumbar) dan Alumni Universitas Negeri Padang (UNP) pada 22 November mendatang akan menghibur masyarakat Provinsi Bengkulu. Acara dikemas dalam pentas seni dan budaya di Gedung Taman Budaya Bengkulu. Kegiatan ini digelar dari Fakultas Bahasa dan Seni Jurusan Seni Drama Tari dan Musik serta para almuni yang akan menampilkan pergelaran tari tarian, berupa tari piring kolosan dan sejumlah tari lainnya.

Selain itu juga akan ada pementasan teater pendek, permainan musik tradisional dan nyanyian daerah dari Sumatera Barat dan Provinsi Bengkulu. Disampaikan oleh Ketua Badan Musyawarah Adat yang juga merupakan Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Negeri Padang Wilayah Provinsi Bengkulu, Drs H.Efendi, MS kegiatan tersebut berlangsung pada Jumat (22/11) mendatang sekira pukul 14.00 WIB. Kemudian dilanjutkan sarasehan atau pergelaran dan makan malam bersama Walikota Bengkulu H Helmi Hasan. Kemudian pada Sabtu (23/11) mendatang sekira pukul 10.00 WIB para rombongan akan melakukan city tour melihat peninggalan sejarah serta budaya yang ada di Provinsi Bengkulu. Setelah itu pada malamnya rombongan akan melakukan sarasehan pergelaran dan makan malam bersama Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah.

Menurut Efendi dampak kegiatan ini sangat besar dalam budaya dan seni yang ada di Provinsi Bengkulu. Nantinya masyarakat umum dapat menyaksikan kegiatan ini yang diharapkan dapat memberikan nuansa seni dan budaya antara Provinsi Bengkulu dan Sumatera Barat.

"Karena akan ada dua event nanti, seni pementasan dari Padang serta event lokal daerah pesisir pantai panjang. Maka akan ada tambahan ratusan wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu ini selain dari dampak ekonomi juga ada dampak seni dan budaya," tambahnya.

H.S.Efendi juga Ketua Yayasan Tri Mandiri Sakti ini mengatakan budaya dan seni lokal daerah Provinsi Bengkulu dinilai menyerupai dengan Provinsi Sumatera Barat. Bahkan adat sendiri ada beberapa yang menyerupai dari Kota Padang baik itu dari tarian hingga makanan khas daerah. Ia pun berharap nantinya dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas seniman dan budayawan yang ada di Provinsi Bengkulu. "Nanti kita juga akan mengundang seniman dari Kabupaten dan Kota lainnya. Karena pementasan ini masyarakat dapat menonoton gratis maka kita harapan pelaku seniman, para pelajar dan mahasiswa serta tokoh masyarakat dapat meramaikan kegiatan ini," imbuhnya. (Bro)

Tags :
Kategori :

Terkait