30 Peserta UKW Agar Mempersiapkan Diri

Senin 25-11-2019,20:57 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, BENGKULU - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bengkulu kembali melaksanakan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) tahun ini. Ini adalah angkatan ke XI. Acara ini akan diselenggarakan di di Hotel Raffles City Pantai Panjang Kota Bengkulu pada tanggal 26-27 November 2019.

"Ya, jumlah peserta yang mengikuti UKW yang telah terdaftar sejumlah 30 orang peserta. Mereka terdiri dari 4 kelompok UKW muda, 1 kelompok UKW madya, 1 kelompok UKW utama. Untuk UKW madya dan UKW utama anggotanya tidak full. Biasanya satu kelompok itu terdiri dari 6 orang peserta. Tetapi kita tetap adakan nanti,’’ ujar Ketua PWI Bengkulu, Zacky Antony, SH, MH, pada RADAR BENGKULU, Senin (25/11).

Lanjutnya, untuk penguji Ujian Kompetensi Wartawan nanti, dari Jakarta, Makasar dan Semarang. ‘’Kami berharap yang sudah mendaftarkan dirinya untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Karena nanti kami panitia dan pengurus PWI tidak bisa memberi jaminan lulus. Maka dari itu peserta harus benar-benar serius untuk mengikuti UKW ini supaya bisa lulus semua,’’ jelasnya. Lebih lanjut dikatakannya, yang berhak memberi nilai nanti penguji. Lulus atau tidak tergantung kepada pengujinya. ‘’Insya Allah jika peserta mempersiapkan diri sebaik mungkin, mudah-mudahan tidak ada kendala. Karena yang diuji nanti aktifitas wartawan sehari-hari. Misal UKW muda mulai dari rapat proyeksi, wawancara, menghubungi narasumber dan membuat berita,’’ sampainya.

Bagi peserta yang lulus UKW, nanti berhak mendapatkan kartu, sertifikat yang ditandatangani oleh Ketua Dewan Pers. ‘’Kalau sudah lulus mendapat sertifikat, nama wartawan tersebut sudah tercantum disitus dewan pers. Bagi yang belum mengikuti UKW atau belum lulus, kami mendorong agar mengikuti UKW.’’

Yang sudah UKW muda, lanjutnya, agar mengikuti UKW madya. Sedangkan yang sudah UKW madya juga diminta agar mengikuti UKW utama. (cw1).

Tags :
Kategori :

Terkait