Bisa Jadi Pekerjaan, Jangan Anggap Sepele Seni

Jumat 13-12-2019,20:40 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Budiman Ismaun : Peluang Guru Seni di Bengkulu Sangat Besar

RBO, BENGKULU – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, H. Budiman Ismaun M.Pd mengatakan, jangan sesekali meremehkan seni. Sebab, sudah banyak bukti seniman itu yang sukses dan berhasil. “Jangan anggap sepele seni. Sebab seni itu jika dikuasai dan dikelola secara professional, maka dapat menjadi lapangan pekerjaan dan menambah pundi-pundi ekonomi. Misal, pandai seni musik bisa jadi pemusik, seni drama teater, lalu seni lukis dan banyak seni-seni lainnya yang dapat dikembangkan sesuai dengan potensi diri dan dapat menjadi sumber pendapatan,” ungkap H. Budiman Ismaun saat membuka secara resmi kegiatan pagelaran seni budaya Provinsi Bengkulu tahun 2019 di aula Gedung Olah Seni UPTD Taman Budaya Provinsi Bengkulu, tadi malam (13/12).

Sebelumnya, Budiman juga menyampaikan, peluang untuk maju dalam seni ini sangat besar. Sebab secara kebutuhan sendiri, Provinsi Bengkulu sangat minim guru yang mempunyai background latar belakang tamatan seni. “Sebab itu nanti anak-anak hendaknya dapat melanjutkan pendidikan tinggi mengambil jurusan seni. Karena peluang untuk menjadi guru seni sangat terbuka lebar di Bengkulu. Selain itu, dalam pagelaran malam seni dan budaya yang dilaksanakan oleh UPTD Taman Budaya Provinsi Bengkulu selama tiga malam berturut-turut ini, hendaknya dapat menjadi wadah mengasah kemampuan anak-anak dan para seniman kita di daerah,” sampainya.

Adapun dari Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Bengkulu, Samsun S.Ip saat menyampaikan laporan ketua panitia pagelaran seni dan budaya tahun 2019, dia melaporkan, pagelaran seni dan budaya tahun 2019 ini merupakan agenda kegiatan rutin yang mereka laksanakan. Dimana sumber dananya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK). “Kita laksanakan malam pagelaran seni dan budaya tahun 2019 mulai tanggal 13, 14 dan 15 Desember, tiga malam berturut-turut. Dimana akan ditampilkan berbagai macam kesenian. Mulai dari seni tari, drama, dan sastra. Kita melibatkan seluruh seniman yang ada kurang lebih 90 seniman dari berbagai sanggar yang ada di Bengkulu. Dengan kegiatan-kegiatan seperti ini, diharapkan gedung olah seni Taman Budaya Provinsi Bengkulu ini dapat memberi manfaat dan menjadi wadah berkumpulnya para seniman lokal. Pada malam pertama setelah dibuka ada penampilan seni tari dan tabuh dhol dari empat sanggar senior di Bengkulu,” pungkas Samsun. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait