Naik Kapal Perang, Kapolda dan Danlanal Turun ke Laut

Jumat 20-12-2019,20:03 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, BENGKULU - Untuk memastikan wilayah laut Provinsi Bengkulu bebas dari praktek illegal Fishing, kemarin (20/12/19) Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs. Supratman, M.H., bersama Danlanal Bengkulu Letkol Letkol Laut (P) Yustus Nasarius Rossi melakukan patroli laut. Mereka menggunakan Kapal Perang milik TNI AL dan 2 Unit Kapal Patroli Dit Polair Polda Bengkulu jenis C1. Ikut Dalam rombongan Patroli Kapolda Bengkulu tersebut, Wakapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs. Sahimin Zainudin, M.M., Karo Ops, Karo Log, Dir Polair, Dir Sabhara, Kabid Humas dan beberapa awak media baik cetak maupun elektronik.

Patroli wilayah laut yang dilaksanakan oleh Polda Bengkulu tersebut berkaitan dengan OPS Pukat Nala 2019 yang menitik beratkan pada pemberantasan Illegal Fishing yang terjadi di perairan laut Provinsi Bengkulu dan berakibat merusak ekosistem kelangsungan hidup Biota laut. Kapolda Bengkulu didampingi Kabid Humas menjelaskan bahwa kegiatan patroli yang dilakukan merupakan wujud sinergitas antara TNI – Polri untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang tetap kondusif di wilayah Provinsi Bengkulu, Serta memastikan wilayah perairan laut Provinsi Bengkulu bebas dari segala bentuk praktik Illegal Fishing.

Dikatakan oleh Kapolda Bengkulu kegiatan patroli bersama hari ini tidak hanya akan dilakukan sekali ini akan tetapi akan dilaksanakan secara berkesinambungan guna menciptakan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat Provinsi Bengkulu khususnya masyarakat nelayan yang menggantungkan hidupnya lewat laut. "Ini merupakan sinergiritas kita bersama dengan jajaran TNI POLRI menghadapi ancaman dari perairan yang ada di Bengkulu. Terutama isu yang sebelumnya berkembang kapal trawl, kita meminta agar jangan ada lagi aktivitas tersebut karena akan berdampak negatif bagi nelayan yang lainnya, sesuai dengan instruksi Menteri," tegasnya.

Sementara itu, Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Yustus Nasarius mengutarakan, pihaknya pun mendorong program pemerintah dalam menangani permasalahan kapal trawl. Pihaknya berharap agar pihak nelayan trawl dapat mematuhi peraturan yang ada. Juga ancaman dari keamanan kapal luar yang dapat mengganggu keamanan lintas perairan Provinsi Bengkulu.

"Kita berharap semua nelayan mematuhi aturan yang ada, ini merupakan patroli bersama jajaran Polri sebagai sinergiritas kita. Merupakan positif karena kita memantau keamanan perairan yang ada di Bengkulu," imbuhnya.

Disela kegiatan patroli, Rombongan Kapolda dan Danlanal juga menyempatkan diri berkunjung ke Pulau Tikus untuk melihat lebih dekat kondisi terkini dari pulau yang menjadi salah satu aset wisata bagi Provinsi Bengkulu. (Bro)

Tags :
Kategori :

Terkait