Ini Dia Prioritas Pembangunan Dalam Musrenbangdes Air Napal

Kamis 26-12-2019,20:48 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, ARGA MAKMUR - Pemdes dan BPD Air Napal, Kecamatan Air Napal, melaksanakan Musyawarah Perencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun anggaran 2021. Hal ini dilakukan guna untuk memastikan usulan pembangunan berasal dari warganya dapat terakomodir dengan baik.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Camat Air Napal Supandi, SH yang diwakili Sekcam Ramdani Halian, SH Kades Nozi Yansori, S. I. Kom, Kasi PMD Bobby Ertanto, BPD, Perangkat Desa, pendamping Desa, Tokoh Masyarakat dan Perwakilan Masyarakat, di Kantor Desa, Kamis (26/12).

Dalam sambutannya, Kades Air Napal Nozi Yanzori, S.I. Kom mengatakan Musrenbangdes ini dilakukan guna untuk menjaring aspirasi, usulan, masukan yang diharapkan oleh masyarakat untuk tahun 2021 mendatang. Yang didanai oleh APBD Kabupaten, APBD Provinsi dan APBN. “Silahkan sampaikan usulan, masukan apa saja yang diinginkan oleh masyarakat untuk tahun 2021 mendatang yang tidak bisa di danai oleh APBDes,” Kata Nozi.

Camat Air Napal Supandi, SH yang diwakili Sekcam Ramdani Halian, SH mengatakan bahwa tidak ada satu pun pembangunan yang dapat dilaksanakan Pemdes, tanpa melalui mekanisme perencanaan. “Seluruhnya harus masuk sistem perencanaan pembangunan, melalui mekanisme Musrenbangdes ini, hasil Musrenbandes ini akan dibawa pada Musrenbangcam di tingkat kecamatan selanjutnya di Musrenbang Kabupaten, Musrenbang Provinsi dan Musrenbangnas,” kata Ramdani.

Berikut Prioritas Hasil Musrenbangdes Air Napal:

BIDANG EKONOMI

1. Instalasi Bio Gas (Sekala Rumahan). 2. Pelatihan Usaha Ekonomi Pertanian, Perikanan dan Perdagangan (Ex Pembuatan Budidaya Jamur Tiram). 3. Pembangunan Drainase (Pertanian).

BIDANG SOSIAL BUDAYA

1. Sanggar Belajar, Tarian Adat Rejang, Belajar Sambutan Adat/ Acara Taqziah. 2. Pemberdayaan Kegiatan Pelayanan Pendidikan dan Kebudayaan (Ex Pelapis Tebing). 3. Pembangunan Balai Latihan Kegiatan Belajar Masyarakat (Adat Rejang).

BIDANG INFRATRUKTUR 1. Sarana Olah Raga (Ex Tenis Meja). 2. Pendirian Perpustakaan Desa. 3. Pembangunan Gapura Desa.

Tags :
Kategori :

Terkait