Ponpes Al Quran Harsallakum Punya Tiga Kartu Sakti untuk Santri

Rabu 29-01-2020,21:49 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, BENGKULU - Inovasi yang cemerlang untuk menumbuhkan pemahaman santri akan agama, Pondok Al Qur'an Harsallakum mempunyai tiga kartu santri yang diberikan secara gratis pada santri. Gagasan ini muncul terinspirasi oleh program Pak Jokowi, Presiden Republik Indonesia yang kontennya berbeda.

Kepala Asrama Ustadz Muhammad Hasan, LC mengatakan, tiga kartu sakti ini terdiri dari kartu hafalan Al Qur'an, kartu hafalan hadist dan kartu hafalan doa. Dimana fungsi ketiga kartu ini nanti agar mampu menunjang pengetahuan santri di bidang agama yang akan diterapkan di masyarakat.

Sebagaimana yang diidamkan oleh orang tua, agar anak - anak mereka mampu menghafal Al Qur'an,hadist dan doa. ‘’Untuk penghafal Al-quran ini, saya mengharapkan nantinya santri kita mampu menjadi imam di dalam mesjid dimana mereka tinggal. Karena dalam kehidupan sehari – hari, masih ada terdapat orang yang menjadi imam di mesjid bacaan dan harakatnya yang kurang pas. Padahal seorang iman harus orang yang benar -benar fasih dalam bacaan. Kalau itu tidak diperhatikan, maka apa yang dibacakan imam dalam salat, maka salat yang dilakukan kurang pas. Begitu juga dengan makmum yang mengikuti bacaan imam.’’

Dalam penyetoran hafalan Al - Qur'an, hadist dan doa tidak mesti di jam pelajaran. Bisa dilakukan kapan saja, asalkan ustadz yang mendengarkan siap dengan dibuktikan tanda tangan apa yang disetorkan oleh santri.

‘’Adapun untuk hafalan hadist ini kami terinspirasi dari program yang dilakukan oleh Pemda Kota Bengkulu yang menjadikan Kota Bengkulu sebagai Kota Hadist,"sambung Hasan.

Bentuk dukungan tersebut akan direalisasikan di pondok ini sejak dini ataupun pada saat santri menginjakkan kakinya pertama kali di ponpes ini.

"Kami juga menargetkan seluruh santri nantinya wajib hafal setidaknya 40 hadist yang sudah dibukukan oleh Pemerintah Kota Bengkulu,"ujar ustadz Hasan yang saat ini sedang merilis vidio klip album ciptaannya sendiri.Hadist ini juga sangat berguna bagi santri,yang nantinya para santri mampu menerapkan nilai - nilai yang terkandung didalam kehidupan sehari-hari.

Dengan mengerti nilai yang terkandung dalam sebuah hadist,nantinya para santri mengetahui apa saja yang boleh dilakukan dan saja yang tidak. Mengenai hafalan doa ini, Muhammad Hasan juga pernah menyampaikan ke ajudan Walikota agar semua ustadz yang ada di Bengkulu ini dapat mengikuti diklat ataupun seminar tentang pemahaman doa itu.Karna, terdengar di masyarakat masih ada pembaca doa yang ditunjuk untuk memimpin doa,tapi doanya kurang pas dengan kegiatan yang terjadi.

Maka dari itu, seluruh santri Pondok Al Qur'an Harsallakum melalui kartu sakti hafalan doa ini akan diberikan hafalan doa dan mengajarkan jenis - jenis doa yang akan dibaca. Agar suatu saat kalau ada kegiatan yang ada didaerah para santri tinggal mereka bisa menyesuaikan doa apa yang akan dilantunkan. (Sir1)

Tags :
Kategori :

Terkait