Wabup Tinjau Pelayanan 5 OPD

Senin 03-02-2020,21:25 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, KEPAHIANG - Wakil Bupati Kepahiang, Netti Herawati, S.Sos meninjau langsung kesiapan pelayanan publik lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kunjungan tersebut untuk memastikan sejauh mana atau seperti apa proses pelayanan publik yang diberikan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai pelayanan publik. "OPD yang kita tinjau diantaranya yaitu, Dinas Perizinan, Dinas Dukcapil, RSUD Kepahiang, dan Dinas Tenaga Kerja. Dari peninjauan tersebut baru pelayanan Dinas perizinan yang paling bagus," ungkap Netti.

Sambungnya, peninjauan tersebut untuk melihat sejauh mana kesiapan OPD pada saat kunjungan dari tim penilaian Ombudsman RI perwakilan Bengkulu mendatang. Diakuinya, hingga saat ini belum dapat dipastikan, kapan jadwal kunjungan dari Ombudsman tersebut. Yang jelas, kapanpun tim penilaian dari Ombudsman datang seluruh OPD sebagai pelayanan publik di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang sudah siap.

"Belum tau kapan tim penilai dari Ombudsman itu datang. Yang jelas, dalam kunjungan kita ini OPD yang belum bagus pelayanannya agar bisa meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat," jelasnya.

Menjadi bahan penilaian yaitu, ketersediaan ruang tunggu, kesediaan loket untuk pengguna layanan, ketersediaan sarana khusus bagi pengguna layanan berkebutuhan khusus, ketersedian pengaduan SMS, Telepon, Fax, dan Email. Atribut seperti Id Card, dan ketersediaan fasilitas layanan lain sebagainya. "Banyak yang sarana dan prasarana yang menjadi bahan penilaian. Sebelum dilakukan penilaian, Ombudsman sudah memberikan kriteria yang menjadi bahan penilaian, dan OPD diberi waktu selama 1 minggu untuk mempersiapkannya," demikian Netti.(ide)

Tags :
Kategori :

Terkait