Lanal Bengkulu Latihan Persiapan Tempur

Rabu 12-02-2020,09:50 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, BENGKULU - Dalam menguji kemampuan prajurit Lanal Bengkulu dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi pangkalan, Tim Kolat Koarmada I yang dipimpin Ketua Tim ( Katim ) Letkol Laut (P) Nugroho Putro Suwarwanto CTMP, melaksanakan Uji Terampil Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) P - 1, P - 2 dan L - 1, L - 2 terhadap prajurit Lanal Bengkulu. Giat tersebut berlangsung selama dua hari mulai tanggal 10 sampai 11 Februari kemarin. Kegiatan bertempat di Markas Komando ( Mako ) Lanal Bengkulu.

Danlanal Bengkulu, Letkol Laut (P) Yustus Nasarius Rossi yang didampingi Ketua Tim Uji trampil Glagaspur Letkol Laut (P) Letkol Laut (P) Nugroho Putro Suwarwanto CTMP menutup secara resmi Uji Trampil Glagaspur yang diikuti oleh seluruh Perwira staf Lanal Bengkulu dan tim penguji dari Komando Latihan ( Kolat ) Koarmada I. "Kegiatan ini berguna untuk para personel agar menambah kekuatan, jadikanlah kegiatan ini sebagai wahana resfreshing serta mengembangkan profesionalisme. Juga kreatifitas yang dinamis dan positif, memperluas cakrawala pandang serta penalaran yang logis dalam setiap tugas yang diemban sesuai SOP yang berlaku," ujar Letkol Laut (P) Nugroho Putro.

Pada penutupan tersebut dirinya mengingatkan, agar menindaklanjuti kekurangan kekurangan yang ditemukan saat pelaksanaan Glagaspur dengan cara melengkapi perangkat lunak yang tidak ada dan berlatih secara terprogram untuk dapat meningkatkan kemampuan prajurit Lanal dalam melaksanakan Tugas dan Fungsi (Tupoksi ) Pangkalan. Sementara itu, Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Yustus Nasarius Rossi mengatakan adanya kegiatan ini sangat berdampak positif bagi para pasukan Lanal Bengkulu. Terutama dalam menghadapi persiapan tempur nantinya.

"Mereka ini berlatih sesuai dengan yang dihadapi dalam keseharian mereka. Makanya harus terus mengembangkan potensi yang ada," sampainya.

Glagaspur pangkalan yang dilaksanakan di Lanal Bengkulu meliputi tes tertulis, pemeriksaan perangkat lunak di setiap staf/KAL, praktek bongkar pasang senjata laras panjang maupun laras pendek, Permildas (P5T), kebaharian (Pluit dan talitemali), renang dengan jarak 50 meter, menembak laras panjang dengan jarak 100 meter serta laras pendek jarak 25 meter, pertahanan pangkalan, evakuasi medis, PHH dan pemadam kebakaran serta L- 1, L - 2 menggunakan unsur Kapal Patroli Angkatan Laut ( KAL ) Ratu Samban II - 2 - 09. Dalam pelaksanaan Glagaspur di Lanal Bengkulu sebagai tim penguji antara lain, Katim Uji trampil Letkol Laut ( P ) Nugroho Putro Suwarwanto, CTMP, Kasi Metode Sprogar, Mayor Laut (E) Milchias Supriyandono, Ur Teknavkom Puslat, Pelda Eko Ari Istianto, Ur Alins-2 Sminlog, Pelda Eko Hasto Agustiono, Bama Satma, Serma Nav Iswanto, Ur Ops Glagaspur Puslat Glagaspur, Sertu Jas Sandri Kasman, Ur Lam-2 Satma dan Kopka Bah Suprapto. (bro)

Tags :
Kategori :

Terkait