Sensus Penduduk, Gub: Masyarakat Harus Terdata

Kamis 13-02-2020,10:05 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, BENGKULU - Gubernur Bengkulu DR H Rohidin Mersyah meminta agar sensus masyarakat dapat terpenuhi.  Sensus penduduk 2020 ini adalah program pemerintah untuk memperbaharui data kependudukan Indonesia yang dilakukan setiap 10 tahun sekali. Sensus penduduk 2020 akan dilaksanakan dalam dua tahap yaitu sensus penduduk online (15 Februari hingga 31 Maret 2020) dan sensus penduduk wawancara pada 1 hingga 31 Juli tahun 2020 mendatang.

Gubernur Bengkulu berharap agar seluruh ASN di Pemda Provinsi Bengkulu dapat menjadi pelopor dalam pencanangan sensus penduduk ini. Terlebih lagi dengan sistem secara online nantinya para ASN dapat mempermudah akses data melalui smartphone.

"Saya berharap sensus ini berjalan dengan baik, selain itu masyarakat pun masuk dalam data. Maka harus diikuti semua pihak terkait. Nanti pada tanggal 17 Februari  yang akan datang akan dimulai dari Gubernur, Wakil Gubernur dan Sekda dan jajaran lainnya. Dengan menggunakan sensus online maka di ikuti oleh aparatur sipil negera. Namun tidak sampai disana nanti mereka akan mengajak dan proaktif dengan secara online," terangnya.

Disisi lain, Kepala Badan Pusat Statisktik (BPS) Provinsi Bengkulu, Dyah Anugerah Kuswardani menjelaskan bahwa pihaknya menargetkan 25 persen ketercapaian Sensus Penduduk melalui online. Bentuk pendampingan Sensus ini juga  menggandeng para milenial yakni Bujang Gadis Bengkulu, Duta Pariwisata juga Genre.

“Kita juga meminta peran pemuda bisa mendaftar melalui online. Dengan demikian sudah membantu kita mempermudah melakukan Sensus secara wawancara langsung,” imbuh Dyah. (Bro)

Tags :
Kategori :

Terkait