BPBD Fasilitasi Tanam Rumput Vetiver

Selasa 03-03-2020,21:13 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Cegah Longsor RBO, KEPAHIANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepahiang memfasilitasi penanaman rumput vetiver di Desa Lubuk Penyamun, Kecamatan Merigi Senin,(2/3). Dimana rumput Vetiver yang dicanangkan untuk mengantisipasi terjadinya banjir, dan longsor tersebut dibeli secara mandiri oleh Waka II DPRD Kabupaten Kepahiang, H. Thobari Muad, SH.

Diungkapkan Kepala BPBD Kepahiang, Ir. Topik melalui Kabid Rehab Rekontruksi, Hendra, ST dalam penanaman rumput vetiver di wilayah Desa Lubuk Penyamun tersebut BPBD hanya memfasilitasi. Sebab, kegiatan tersebut adalah kegiatan sosial dari Waka II DPRD Kabupaten Kepahiang. "Ya, kemarin ada sekitar 800 bibit rumput vetiver yang kita tanam di Desa Lubuk Penyamun," ungkap Hendra.

Jika rumput vetiver yang ditanam ini tumbuh dan berkembang lanjut Hendra, nanti bisa untuk dikembangkan di desa-desa lainnya. Sehingga seluruh wilayah yang rawan longsor dan banjir di Kabupaten kepahiang tertanam rumput vetiver. "Penanaman rumput vetiver ini salah satu langkah atau upaya melakukan pencegahan terjadinya bencana banjir dan longsor. Pencegahan lebih baik dari penanggulangan," terang Hendra.

Sebelumnya, Kepala BPBD Kepahiang, Ir. Topik mengatakan, dari 117 Desa dan Kelurahan yang ada di 8 Kecamatan Kabupaten Kepahiang ini, mayoritas rawan bencana alam, seperti longsor, banjir, dan bencana alam lainnya. "Semua Desa rawan bencana. Oleh karena itu kita harap Desa bisa mengakomodir DD untuk rumput vetiver, sehingga rumput vetiver ini bisa ditanam diseluruh desa yang ada di Kabupaten Kepahiang," ungkap Topik.

Dihimpun dari berbagai sumber, rumput vetiver dikenal sebagai tumbuhan sejenis rerumputan. Sebenarnya ada banyak jenis vetiver, tapi yang diandalkan untuk menanggulangi bencana adalah Chrysophogon zizaionide. Saat ini, rumput vetiver menjadi salah satu solusi untuk menguatkan struktur tanah melalui akarnya yang dapat tumbuh hingga kedalaman 5 meter. Vetiver jenis Chrysophogon zizaionides ini bisa mencegah longsor dan banjir karena punya akar yang kuat. Kekuatannya, merujuk pada penjelasan BNPB, setara dengan seperenam kawat baja.(ide)

Tags :
Kategori :

Terkait