729 S1, S2 dan S3 IAIN Sukses Diwisuda Terakhir

Kamis 12-03-2020,21:02 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, BENGKULU - Sebanyak 729 mahasiswa IAIN Bengkulu telas sukses menggelarkan wisuda pada hari Kamus 12 Maret 2020 di Gedung Gunung Bungkuk STQ Kota Bengkulu. Wisuda saat ini spesial, karena bertepatan dengan hari yang bersejarah. Waktu wisuda kali ini mengingatkan kita, bahwa IAIN Bengkulu telah berusia tujuh tahun. Usai alih statusnya dari STAIN menjadi IAIN Bengkulu pada 2013. Pada kurun waktu hampir satu windu, IAIN Bengkulu telah banyak melakukan terobosan dan lompatan kemajuan. Itu semua diupayakan untuk menunjang aktivitas akademis dan non akademis. Selain itu, wisuda kali ini juga terakhir bagi IAIN, karena wisuda berikutnya diharapkan sudah jadi UIN (Universitas Islam Negeri).

Rektor IAIN Bengkulu, Prof Dr H Sirajuddin M, M.AG, MH, menyampaikan. "Ya, bagi para wisudawan IAIN Bengkulu yang telah mendapat gelar sarjana, magister dan doktor angkatan XIV tahun 2020 ini apa-apa yang telah didapatkan di bangku pendidikan, agar bermanfaat untuk diri sendiri dan umumnya pada masyarakat, bangsa dan negara. Berharap kedepannya agar mampu menjadi produsen atas profesi dan disiplin ilmu yang saat ini digandrungi."

Tujuh tahun transformasi STAIN menjadi IAIN Bengkulu, telah membukukan prestasi yang signifikan. Wadah tulisan ilmiah berbagai disiplin ilmu dan konsentrasi bagi para dosen dan mahasiswa. Capaian akreditasi dari badan akreditasi nasional juga ditorehkan oleh 32 program studi (prodi). Setidaknya, sebanyak empat prodi S1 terakreditasi A. Diikuti, 15 prodi S1 terakreditasi ‘BAIK’. Begitupun, empat prodi di program Pasca Sarjana terakreditasi ‘BAIK’. Hal yang tentu membahagiakan, salah satunya terakreditasinya program Doktor (S3) Pendidikan Agama Islam (PAI) multikultural.

Tujuh tahun transformasi IAIN Bengkulu, juga ditandai dengan peningkatan jumlah mahasiswa secara signifikan. Dari hanya ratusan mahasiswa, hingga saat ini kampus telah menerima ribuan mahasiswa baru. Pada tahun 2020. Beberapa mahasiswa mengikuti program student exchange, sebagai hasil kerjasama konkrit antara IAIN Bengkulu dengan Universitas Sains Malaysia. Mereka belajar selama satu semester di negeri jiran Malaysia. Kerjasama tak hanya untuk satu negara saja, tetapi kerjasama juga dilakukan kepada negara lainnya. Seperti Iran, India, Belanda. Kedepan, kerjasama juga dilakukan dengan berbagai perguruan tinggi tereputasi lainnya, tersebar di negara sahabat, seperti Inggris, Mesir, Arab Saudi dan lain-lain.

Tujuh tahun transformasi IAIN Bengkulu, juga ditandai dengan semakin bertambahnya program bantuan beasiswa. Jika pada periode awal, program beasiswa hanya melibatkan satu pihak. Saat ini, berbagai pihak, baik badan swasta maupun negeri, terlibat aktif dalam pemberian bantuan beasiswa pendidikan. Artinya, IAIN Bengkulu komitmen untuk menjadi instrumen kesuksesan bagi para mahasiswanya guna meraih cita-cita mereka, yang disponsori dengan penguatan beasiswa pendidikan.

Karenanya, beasiswa dan berbagai penguatan kapasitas dan mutu, salah satunya berimplikasi juga pada berbagai aspek. Sebelumnya, wisuda diselenggarakan sekali setahun. Namun, saat ini sudah dua kali dalam setahun. Sebelumnya, jenjang s1 ditempuh minimal empat tahun, saat ini terdapat peserta wisuda lulus dalam kurun waktu 3.5 tahun. Sebelumnya, peserta wisuda terdiri dari jenjang s1 dan s2. Saat ini semua jenjang berhasil diwisuda, ada S1, S2, dan S3. (cw1).

Tags :
Kategori :

Terkait