Penerimaan Mahasiswa Baru Unib Juni & IAIN Bengkulu Mulai Mei 2020

Selasa 28-04-2020,19:48 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO   >>>   BENGKULU   >>>   Ini jadwal penerimaan mahasiswa baru Unib dan IAIN Bengkulu. Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Bengkulu (Unib), Prof Dr Lizar Alfansi mengatakan, bahwa Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) melalui Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK), dijadwalkan diundur menjadi 2 hingga 20 Juni mendatang.

"Penundaan penerimaan mahasiswa baru tahun ini, karena mewabahnya Covid-19 di Indonesia saat ini," ujar Lizar pada RADAR BENGKULU kemarin.

Hal tersebut, sesuai dengan surat edaran dari tim pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) nomor 09/SE.PTMPT/2020 tentang jadwal pelaksanaan UTBK 2020, yang sebelumnya dilakukan penundaan. Maka dari itu, pendaftaran UTBK dan pelaksanaannya akan tetap dilaksanakan.

Berikut jadwal UTBK dan SBMPTN, untuk pendaftaran UTBK dan SBMPTN akan diselenggarakan pada tanggal 2 hingga 20 Juni melalui pendaftaran online di wabsite resmi Unob. Yaitu di www.unib.ac.id. Kemudian untuk pelaksanaan UTBK akan diselenggarakan pada tanggal 5 hingga 12 Juli dan pengumuman hasil SBMPTN yaitu tanggal 25 Juli mendatang. Sedangkan untuk tes jalur SMNPTN atau jalur mandiri digelar setelah hasil SBMPTN keluar.

IAIN Bengkulu Bulan Mei Sementara itu, untuk penerimaan mahasiswa baru IAIN Bengkulu, melalui jalur Ujian Masuk (UM) Perguruan Tinggi Keislaman Negeri (PTKIN) dimulai pada bulan Mei 2020. Calon mahasiswa yang ingin mendaftar melalui website resmi, https://um.ptkin.ac.id. Setelah itu, untuk kriteria pendaftaran, lulus dari satuan pendidikan MA/MAK/Muadalah/Pesantren/ SMA/SMK atau setara tahun 2018, 2019, 2020. Lulus dari satuan pendidikan MA/MAK/Pesantren/Muadalah/SMA/SMK atau setara dan seleksi UM-PTKIN 2020. Membayar biaya ujian sebesar Rp 200.000. Hasil ujian diumumkan di laman resmi https://um.ptkin.ac.id.

"Untuk alur pendaftaran, calon mahasiswa mengisi biodata secara online di https://um.ptkin.ac.id, nantinya akan mendapat nomor Slip Instruksi Pembayaran (SIP), peserta melakukan pembayaran di seluruh kantor cabang bank BNI di seluruh Indonesia, mengikuti ujian CBT dengan memilih jurusan IPA atau IPS, menentukan program studi di PTKIN yang dituju, dan lokasi ujian. Setelah itu, cetak kartu ujian, calon mahasiswa mengikuti ujian di lokasi yang telah dipilih, sesuai dengan jadwal yang tertera pada kartu peserta," ujar Staf Humas IAIN Bengkulu, Rohmad Fadli, S.Sos pada RADAR BENGKULU kemarin.

Sedangkan untuk syarat penerimaan, lulus satuan pendidikan menengah atas, lulus UM-PTKIN, sehat dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTKIN, melakukan pendaftaran ulang pada PTKIN penerima. "Untuk jadwal pendaftaran/pembayaran, 1 Mei - 30 Juni 2020, cetak kartu ujian 1 Juli - 9 Juli 2020, pelaksanaan ujian, 15 Juli - 22 Juli 2020, hasil pengumuman 28 Juli 2020," tutupnya. (ach)

Tags :
Kategori :

Terkait