Agar Nyaman, DLHK Bersihkan Sampah Pantai Pasar Bawah

Jumat 08-05-2020,20:00 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, MANNA - Sampah merupakan permasalahan yang selalu dikeluhkan masyarakat. Apalagi di tempat wisata yang sering dikunjungi masyarakat. Kali ini pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersihkan sampah Pantai Pasar Bawah agar menjadi lebih indah dan warga serta pengunjung pun menjadi nyaman.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Bengkulu Selatan Ir. Jonior Hafis mengatakan saat ini sampah yang ada di pinggir pantai Pasar Bawah sudah mulai habis dengan menerjunkan dua alat berat agar lebih cepat membersihkannya. “Dengan adanya alat berat ini, kita sangat terbantu untuk membersihkan sampah, dimana sampah ini menumpuk akibat sampah kiriman dari Air Manna melalui muara sungai Air Manna," kata Jonior, Jumat(08/05).

Untuk saat ini sampah sudah dibersihkan tapi tidak menutup kemungkinan dalam beberapa hari sampah akan menumpuk kembali. Adapun sampah yang dibersihkan banyak berasal dari sampah rumah tangga terbukti banyak sampah seperti steropom dan plastik yang diangkut oleh petugas.

“Dalam kurun waktu sampai sekarang sudah dua kali DLHK melakukan gotong royong kebersihan tapi tetap saja sampah menumpuk banyak, Untuk masalah sampah ini tidak akan tuntas kalau tidak diiringi oleh kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan," jelasnya.

Adapun solusi untuk mengatasi sampah kiriman yang berasal dari sungai air manna bisa dilakukan dengan membuat Selendang Pantai (Sabuk Pantai )paling tidak sepanjang 1,5 kilometer yang mengarah kepantai. Untuk itu Bappeda dan DKP harusnya merencanakan pembuat selendang pantai agar sampah tersebut tidak masuk kepantai.

"Untuk menghentikan sampah tersebut kita menunggu musim kemarau karena air muara air manna tidak akan mengalir, tapi apa iya kita harus menunggu seperti itu," tutup dia.(afa)

Tags :
Kategori :

Terkait