Bangkitkan Semangat Nasionalisme, PDIP Bengkulu Gelar Lomba Pidato

Minggu 07-06-2020,21:01 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Mirza : Ditengah Covid-19, Pesertanya Kita Batasi

RBI, BENGKULU - Dalam rangka memperingati bulan Bung Karno yang jatuh setiap bulan Juni, pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Bengkulu pada Sabtu, (6/6) menggelar lomba pidato mirip gaya sang Proklamator Ir. Soekarno. Lomba yang diikuti perwakilan dari pengurus Dewan Pimpinan Cabang dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) se Kota Bengkulu ini dibuka oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Hj. Elva Hartati Murman S.IP, MM. Tujuannya, untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air.

Bahkan diketahui, Presiden pertama Bangsa Indonesia, Bung Karno dikenal sebagai seorang orator ulung dan dalam setiap pidatonya, bisa membangkitkan semangat nasionalisme.

“Peringatan bulan Bung Karno di bulan Juni ini dilaksanakan serentak secara nasional oleh pengurus PDIP. Di Bengkulu, selain lomba pidato, juga ada lomba membuat video, bakti sosial dan pembagian sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid 19,” ungkap Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bengkulu, Hj. Elva Hartati, seusai membuka lomba pidato Bung Karno di sekretariat DPC PDI Perjuangan Kota Bengkulu.

Selain itu, anggota DPR RI dari Fraksi PDIP ini berharap, dengan lomba pidato ini bisa untukk menanamkan nilai-nilai Pancasila di dalam hati masing-masing kader PDIP di Bengkulu. Apalagi Presiden pertama Republik Indonesia ini lahir pada 6 Juni hari ini, dan di bulan ini juga lahirnya Pancasila, sehingga semangat nasionalisme selalu bangkit untuk berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara ini, khususnya masyarakat.  “Diharapkan para kader partai kita (PAC,red) bisa lebih memahami perjuangan Bapak Bangsa Bung Karno, dan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila selalu termaktub dalam hati masing-masing serta dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari,” kata anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Provinsi Bengkulu ini.

Senada dengan itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bengkulu, Mirza SH, M.Kn menjelaskan, kegiatan ini untuk menumbuhkan kembali semangat nasionalisme Bung Karno, sehingga para kader lebih paham, mengetahui dan menghayati isi pidato-pidato dari Presiden pertama Republik Indonesia ini. “Kegiatan ini rutin kita gelar setiap memperingati Bulan Bung Karno. Hanya saja kali ini kita batasi karena pandemi Covid 19, dikhususkan dulu pada kader dulu. Tapi direncanakan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia, kami merencanakan mengadakan lomba untuk masyarakat umum,” terangnya. Lebih lanjut ditambahkan, melalui kegiatan ini diharapkan para kader lebih solid lagi kedepannya. Mengingat kegiatan ini juga semata-mata untuk membangkitkan semangat dan kebersamaan di tingkat internal partai. “Diimbau juga para kader bisa berbuat lebih banyak lagi untuk masyarakat di Bengkulu ini,” tutupnya.

Sementara, dalam kesempatan itu pengurus PDI Perjuangan Kota Bengkulu memberikan penghargaan kepada pengurus PAC terbaik, terutama dari penilaian tertib administrasi, kesolitan dan kekompakan pengurus, yakni, PAC Sungai Serut Kota Bengkulu.(idn)

Tags :
Kategori :

Terkait