Jurnalis Dibekali Pengetahuan Tentang Covid-19

Minggu 07-06-2020,21:07 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, BENGKULU - Para jurnalis di wilayah Kota Bengkulu Sabtu kemarin mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas pengetahuan jurnalis tetang Covid-19. Pelatihan ini merupakan bentuk kepedulian Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota terkait profesi wartawan/jurnalis yang begitu rentan terhadap penyebaran Covid-19. Acara ini digelar bertempat di Aula Kodim 0407/Bengkulu.

Dalam pelatihan itu, menghadirkan pemateri yang berkualitas. Seperti Komandan Kodim 0407/Bengkulu, Kolonel. Inf Uchi Cambayong, mewakili Walikota Bengkulu Helmi Hasan, diwakili Asisten I Bujang HR, Wakapolres Bengkulu Kompol Hendri dan Kadis Dinkes Kota Bengkulu Susilawaty.

Bujang HR selaku Asisten I Pemerintah Kota (Pemkot), menyampaikan permohonan maaf tidak hadirnya Walikota Bengkulu dalam kegiatan tersebut. Namun, Walikota memberikan salam dan semangat pada para peserta, dan seluruh jajaran yang menyukseskan pelatihan pada jurnalis tentang Covid-19. Pemkot juga mengharapkan para jurnalis ini selalu menyajikan informasi atau berita yang akurat dan terpercaya, terutama yang nenyangkut berita tentang Covid-19.

"Pemerintah berharap berita-berita yang disajikan ke masyarakat adalah berita yang akurat. Bukan yang menghujat dan mencaci. Tapi, yang mengedukasi masyarakat dalam menangani Covid-19. Kami ucapkan terima kasih pada jurnalis di Kota Bengkulu yang sudah menyajikan berita akurat dan terpercaya. Kami berharap terus bersinergi dengan pemerintah," kata Bujang dalam sambutannya. Dia berharap, melalui pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas pengetahuan jurnalis tentang Covid-19.

Menurutnya, mencari sesuatu hal yang baru, merupakan tantangan bagi semua orang, tidak terkecuali para wartawan. Mereka setiap hari mencari, menggolahnya menjadi sebuat berita untuk menjadi bahan referensi masyarakat, baik itu dari media cetak, elektronik, maupun online. "Jadi, ikutilah pelatihan ini dengan serius. Ambil semua ilmu yang didapat dari para narasumber yang hadir, memberikan materi yang berkualitas, serta menambah wawasan kita," tuturnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0407/Bengkulu Kolonel. Inf Uchi Cambayong mengatakan, para jurnalis di Kota Bengkulu harus bisa memfilter informasi-informasi yang didapat. Informasi-informasi yang disajikan dalam bentuk berita, sifatnya untuk membangun Bengkulu. "Diharapkan para jurnalis, memang betul-betul memberikan informasi terupdate. Apalagi, sebentar lagi akan menghadapi pilkada. Berita tetap harus berimbang. Harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan," kata Uchi.

Selain itu, Kolonel Inf Uchi, berharap bantuan insan media dalam menyebarkan informasi ke masyarakat yang di mengerti dan paham tentang bahaya Covid-19 dan cara pencegahannya.

"Ini yang lebih penting lagi, masyarakat harus paham betul, bagaimana cara penanganan Covid-19. Kalau bukan tanpa bantuan media, lalu lewat media apalagi ? Sebab, dengan bersatu bersama, bukan tidak mungkin pandemi ini akan cepat berakhir," terangnya.

Disisi lain, Kadis Dinkes Kota Bengkulu, Susilawaty memberikan edukasi ke jurnalis tentang cara cuci tangan yang benar, menjelaskan tentang cara hidup sehat, mempresentasikan cara menangani Covid-19 dan membagi-bagikan vitamin. (ach)

Tags :
Kategori :

Terkait