Reses Masa Sidang Kedua Masih Dipertimbangkan

Kamis 11-06-2020,19:34 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO  >>>  BENGKULU >>>   Dilaksanakan atau tidaknya kegiatan reses oleh DPRD Provinsi Bengkulu masa sidang kedua tahun 2020 ini ditengah wabah pandemi Covid-19 masih dipertimbangkan. Sementara dana anggaran untuk pelaksanaan reses 45 anggota DPRD Provinsi Bengkulu, disebut masih tersedia. Meskipun demikian, belum bisa dipastikan apakah nantinya masing-masing anggota DPRD Provinsi melaksanakan reses yang bertujuan untuk menjaring aspirasi konstituennya, lantaran pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) belum berakhir.

Waka I DPRD Provinsi Bengkulu, Samsu Amanah, S.Sos mengatakan, masa sidang kedua ini berakhir bulan depan. Dimana pelaksanaan reses biasanya diagendakan Badan Musyawarah (Banmus) DRPD pada akhir masa sidang. "Hanya saja kita belum bisa memastikan apakah nantinya bakal melaksanakan reses atau tidak, mengingat pandemi Covid-19kan belum sepenuhnya berakhir," ungkap Samsu saat dihubungi radarbengkuluonline.com tadi siang.

Menurutnya, kalau dari segi anggaran, pihak Sekretariat DPRD Provinsi masih menyediakannya. Jadi apakah dilaksanakan reses atau tidak, lihat saja perkembangan kondisi kedepannya.

"Kalau saat ini kita katakan bakal melaksanakan reses masa sidang kedua, bisa saja kedepannya berubah karena pandemi ini masih bergerak," katanya.

Sementara itu, Plh Sekwan Provinsi Bengkulu, M. Rizal menyampaikan, digelarnya reses atau tidak, tergantung dengan masing-masing anggota DPRD. "Jika nantinya pandemi Covid-19 masih melanda, bisa saja reses itu belum bisa dilaksanakan. Kalau dari sisi anggaran, ada pergeseran sekitar Rp 6 Miliar di Sekwan akibat realokasi dan refocusing," ujar Rizal.

Ia menambahkan, seandainya dari pergeseran itu salah satunya anggaran reses, dan ketika anggota DPRD Provinsi tetap ingin menggelar reses bisa saja ditambahkan lagi pada APBD Perubahan. "Tapi yang jelas kita tunggu saja kondisi pandemi Covid-19 ini seperti apa. Mengingat reses itu juga penting, karena menjadi wadah dalam mengakomodir aspirasi masyarakat," singkatnya.

Sebagaimana diketahui, untuk pelaksanaan reses ini masing-masing anggota DPRD Provinsi disiapkan anggaran Rp 70.500.000. Sehingga totalnya mencapai Rp 3,12 Miliar. Sebelumnya terdapat wacana jika anggaran reses masa sidang kedua itu digeser sewaktu realokasi dan refocusing dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid-19 di Provinsi Bengkulu. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait