Hari Ini Tahapan Pemilu Resmi Lanjut

Senin 15-06-2020,09:04 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

PPK/PPS Diaktifkan,  Pemutakhiran Dimulai

RBO >>>   BENGKULU >>>   Mulai hari ini Senin (15/6), KPU secara resmi melanjutkan jadwal tahapan Pilkada serentak tahun 2020. Agenda ini sempat ditunda sebelumnya akibat wabah pandemic Covid-19. PPK dan PPS juga mulai menjalankan tugas mulai hari ini.

“Saat ini (Minggu-red) kami sedang rakor daring dengan KPU kabupaten/kota. Dan kita sesuai dengan amanat PKPU Nomor 05 Tahun 2020, besok Hari Senin tanggal 15 Juni kembali akan melanjutkan tahapan Pilkada ditengah wabah pandemic Covid-19,” ungkap Anggota Divisi Hukum KPU Provinsi Bengkulu Eko Sugianto SP, M.Si, saat dihubungi RADAR BENGKULU, Minggu (14/6).

Dijelaskan oleh Eko, sesuai amanat PKPU Nomor 05, maka sejak tanggal 15 Juni PPK serta PPS kembali akan diaktifkan. “Bagi daerah yang sudah pelantikan PPK dan PPS nya sebelum tahapan dihentikan dulu, maka mereka tinggal pengaktifan saja. Sedangkan bagi PPK dan PPS yang belum dilantik sebelumnya, maka mulai besok (Hari ini Senin-red) bisa dilakukan pelantikan untuk kemudian langsung diaktifkan. Jadi, silakan kawan-kawan KPU kabupaten/kota melakukan pelantikan bagi yang belum dan pelantikan bisa dilakukan secara langsung ataupun virtual,” jelas Eko.

Adapun tugas pertama yang harus segera mereka lakukan setelah PPK dan PPS diaktifkan, adalah langsung melakukan pemutakhiran data pemilih. “Tahapan data pemutakhiran pemilih ini langsung dimulai. Tanggal 24 Juni sudah mulai dilakukan tahap verifikasi factual dukungan bagi daerah yang ada Paslon Cakada perseorangan. Di Bengkulu kalau untuk provinsi tidak ada bakal Paslon perseorangannya. Tapi di beberapa kabupaten, seperti di Bengkulu Selatan, Lebong, Rejang Lebong dan Kepahiang, itu mereka akan dilakukan tahap verifikasi factual dukungan calon perseorangannya,” pungkas Eko.

Sebelumnya diketahui, untuk Pilkada serentak yang akan dilaksanakan tanggal 9 Desember tahun 2020 ini, di Provinsi Bengkulu akan ada delapan kabupaten ditambah satu Pilkada Provinsi yang dilaksanakan. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait