Tim Monev Air Manjuto Turun ke Desa Agung Jaya

Selasa 16-06-2020,20:23 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO  >>> MUKOMUKO >>>  Tim monitoring dan evaluasi (Monev) terdiri dari Pemerintah Kecamatan Air Manjuto, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Kabupaten Mukomuko, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, turun ke Desa Agung Jaya untuk melakukan pemantauan, pada hari Selasa (16/6).

Dijelaskan Camat Air Manjuto, Sardi, SH kegiatan ini bagian dari pembinaan ini dilakukan untuk mengecek sejauhmana pelaksanaan kegiatan yang bersumber dari anggaran Dana Desa (DD). Termasuk pengecekan kegiatan fisik yang sedang berjalan.

"Selain fisik, juga dilakukan pemeriksaan secara administrasi yang merupakan laporan pertanggungjawaban pemerintah desa," ujarnya saat dihubungi radarbengkuluonline.com tadi siang.

Ditambahkannya, tim Monev terjun langsung ke lokasi pembangunan bertujuan untuk melihat secara langsung hasil kegiatan fisik DD guna memperoleh gambaran riel pelaksanaan kegiatan yang sudah berjalan.

"Hasilnya dijadikan bahan evaluasi, kajian, pembinaan serta tindak lanjut ke depan," terang Camat. Adapun kegiatan pekerjaan fisik Desa Agung Jaya tahun 2020, tahap satu yaitu pembangunan pagar dan pemasangan paving blok kantor desa serta pembangunan tembok penahan tanah (TPD) di dusun 1, dusun 3, dusun 5 dan dusun 6.

Secara umum menurut camat, pekerjaan fisik di desa setempat tidak ada kendala. Hanya saja, kaya camat, yang menjadi catatan, pemerintah desa Agung Jaya diminta melengkapi administrasi pelaporan seta pertanggungjawaban.

Selain itu, Camat juga menegaskan, berhubung saat ini DD juga dikonsentrasikan pada penanganan pandemi Covid-19, apa yang menjadi tanggungjawab desa dilaksanakan secara maksimal. Termasuk lanjutan Batuan Langsung Tunai (BLT) dipersiapkan sematang mungkin.

"Itu hasil yang kita pantau tadi. Apa yang sudah disampaikan secara lisan ini, diharapkan bisa ditindaklanjuti oleh pemerintah desa," demikian Camat.

Sementara itu, Pj Kades Agung Jaya, Sukamto mengatakan, Monev ini sangat berguna bagi pemerintah desa, agar tidak terjadi salah langkah dalam merealisasikan pembangunan. Apa yang menjadi catatan dan masukan dari tim Monev ini, akan ditindaklanjuti oleh pemerintah desa.

"Kami pemerintah desa, sudah berupaya keras agar pembangunan berjalan maksimal. Tentu apa yang menjadi catatan tim Monev ini menjadi bekal kami memperbaiki dan menyiapkan seluruh yang diperlukan," demikian Sukamto. (sam)

Tags :
Kategori :

Terkait