Harga Jengkol Mahal, Pemilik Adu Cepat dengan Maling

Minggu 21-06-2020,20:31 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, MUKOMUKO - Beruntung sekali bagi bagi masyarakat Kabupaten Mukomuko yang memiliki pohon jengkol dan berbuah pada saat ini. Pasalnya, harga jengkol sekarang ini sedang mahal, mencapai Rp 30.000 per kilogram. Seperti di wilayah Kecamatan Lubuk Pinang dan V Koto, Kabupaten Mukomuko.

Tingginya harga jengkol ini, dipengaruhi banyaknya toke atau tengkulak asal Sumatra Barat yang masuk wilayah Mukomuko untuk berburu jengkol di daerah ini.

Akan tetapi, tingginya harga jengkol seperti saat sekarang ini, membuat pemilik pohon jengkol mesti lebih waspada. Sebab, saat ini banyak kabar, buah jengkol dicuri oleh oknum tidak bertanggungjawab alias maling. Jika pemilik jengkol tidak cekatan, bukan tidak mungkin bakal kalah cepat dengan "si tangan panjang".

Kepala Desa Talang Sakti, Kecamatan V Koto Samsul Sahril, ketika dihubungi membenarkan jika di wilayah V Koto saat ini harga jengkol sedang mahal. Kata Kades, tengkulak membeli jengkol masyarakat setempat antara harga Rp 25.000 sampai Rp 30.000 per kilogram.

"Harga jengkol memang sedang mahal sekaran. Antara Rp 25.000 sampai Rp 30.000 per kilogram. Ini keuntungan bagi masyarakat kami. Sebab warga desa kami masih banyak memiliki pohon jengkol," ungkapnya.

Ia juga tidak menapik, bahwa saat ini, jengkol milik warganya kerap dicuri. Info buah jengkol hilang semakin kerap didengar seiring dengan semakin mahal harga jengkol. "Itulah masalahnya sekarang. Jengkol warga sering hilang. Saya juga kerap mendapat informasi itu," bebernya.

Melihat kondisi itu, ia mengajak seluruh masyarakat khususnya pemilik pohon jengkol untuk lebih waspada. Mahalnya harga jengkol saat ini, tentu akan dimanfaatkan para kawanan spesialis pencuri jengkol untuk beraksi.

"Intinya lebih waspada, kalau sudah waktunya panen, ya dipanen. Mumpung harganya sedang mahal. Terus, kebunnya dijaga. Karena khawatir momen ini dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggungjawab melancarkan aksi kejahatannya," tutup Kades. (sam)

Tags :
Kategori :

Terkait