Penuhi Kebutuhan Air Bersih, Desa Sukarami Bangun Sumur Bor

Senin 22-06-2020,20:27 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, SELUMA - Untuk pemenuhan kebutuhan air bersih bagi masyarakat, Desa Sukarami, Kecamatan Seluma Selatan tahun ini membangun satu titik sumur bor.

Kepala Desa Sukarami, Kecamatan Seluma Selatan, Nahwan melalui Bendahara Desa, Milian mengatakan pembangunan fisik sumur bor yang difungsikan untuk pemenuhan kebutuhan air bersih bagi warga desa dianggarkan melalui Dana Desa (DD) tahun anggaran (TA ) 2020 dan untuk lokasi pembuatan terletak di belakang Kantor Desa.

"Lokasinya kita pilih dibangun di belakang Kantor Desa. Dianggarkan melalui Dana Desa dengan anggaran sekitar Rp 50 jutaan," ujar Milian, kepada radarbengkuluonline.com, dikediamannya, Senin (22/6).

Saat ini proses pengerjaan sumur bor masih berjalan. Adanya keterbatasan anggaran desa lantaran terpangkas dana Covid 19. Menurut Milian membuat pelaksanaan pekerjaan sumur bor tahun ini lebih diprioritaskan dari pada rencana dua item pekerjaan fisik berupa pembangunan siring pasang dan jalan. "Adanya sumur bor ini, diharapkan akan meningkatkan kesehatan warga melalui penyediaan air bersih untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari,” ujarnya.

Dikatakan Milian, keberadaan sumur bor sangat dibutuhkan selain musim kemarau, juga saat musim penghujan. Hal ini karena Desa Sukarami merupakan salah satu desa langganan banjir setiap tahun.

"Saat musim penghujan dan banjir, warga kesulitan mendapatkan air bersih, makanya salah satu solusinya adalah sumur bor," kata dia. Oleh karena itu, pemerintah desa melalui musyawarah desa berinisiatif membangun sumur bor untuk memenuhi kebutuhan air bersih. (One)

Tags :
Kategori :

Terkait