Masyarakat Jangan Takut Melakukan Tes Swab

Kamis 20-08-2020,19:28 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  BENGKULU >>>  Kepala Instalasi Lab Klinik RSUD M.Yunus Bengkulu, Mulyadi mengatakan, masyarakat tidak usah cemas ataupun takut jika ingin melakukan pengambilan swab. Maka dari itu, masyarakat harus membuang stigma tersebut, supaya benar-benar yakin tidak terpapar Covid-19.

"Sebenarnya, pengambilan swab itu tidak lama. Malahan tidak sampai satu menit. Jadi, tingkat kenyamanan memang harus diperhatikan. Walaupun memang ada rasa tidak nyaman, saat pengambilan swab di hidung. Yang jelas, jangan takut dan cemas. In sya Allah tidak terjadi apa-apa," ujar Mulyadi pada RADAR BENGKULU kemarin.

Diungkapnya, jika berbicara mengenai suatu alat pemeriksaan, apakah alat itu akurat atau tidak, ada dasar-dasarnya sebelum alat tersebut dioperasionalkan. Misalnya, kualitas kontrolnya harus ada kontrol positif dan negative. Keduanya harus berjalan. Kalau salah satu kontrol itu ada yang rusak, pasti akan ketahuan.

"Kalau kami secara pribadi dan tim, tidak mau pemeriksaan swab sebanyak 2 kali. Apalagi, tes PCR ini pemeriksaannya dari jam 09.00 WIB sampai 16.00 WIB. Maka dari itu, memakan waktu yang cukup lama," tutupnya. (ach)

Tags :
Kategori :

Terkait