Rakor KPU Regional Sumatera Bahas Perbatasan Wilayah

Kamis 20-08-2020,19:47 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Ilham Saputra : Kita Ingin Selesaikan Persoalan Batas Wilayah

RBO >>>  BENGKULU >>>  Pihak penyelenggara pemilu, KPU Provinsi Bengkulu dipercaya oleh KPU pusat menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi terkait Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada Serentak Tahun 2020 di daerah perbatasan. Untuk itu, dari KPU RI meminta para penyelenggara pemilu didaerah agar dapat memahami tugas dan kewajiban bagaimana menyikapi status pemilih yang tinggal di daerah perbatasan.

“Hari ini, kita koordinasi dengan penyelenggara pemilu KPU Provinsi se Sumatera. Karena, ditengah Covid-19, kita tidak bisa melaksanakan koordinasi dengan membuat kerumunan atau mengumpulkan KPU Provinsi seIndonesia. Secara geografis, kita membahas mengenai perbatasan wilayah,” ungkap Kordiv SDM KPU RI Ilham Saputra, saat diwawancarai RADAR BENGKULU kemarin (19/8).

Untuk perbatasan wilayah ini, lanjut Komisioner KPU RI asal Aceh tersebut, yang menjadi kendala tentu adanya klaim dari salah satu daerah. Misalnya satu desa ada klaim kabupaten A, kabupaten B. “Nah, jika klaim seperti itu terjadi, maka ketika kita melakukan pemutakhiran data pemilih juga jadi kendala. Karena sebetulnya warga desa yang diperebutkan itu masuk daerah mana? Kalau kemudian tidak mendapat solusi TPS itu nanti masuk kemana sebetulnya? Ada persoalan yang internal. Misalnya saja Seluma dengan Bengkulu Selatan, dimana sudah ada surat dari Mendagri dan Mendagri pada Gubernur untuk segera dilakukan moratorium jangan dulu dilakukan tindakan terkait pemekaran wilayah tersebut,” kata Ilham.

Beberapa daerah seperti Sumatera Utara, Lampung dengan Sumatera Selatan dan daerah-daerah lain yang ada kendala seperti itu.

“Hari ini kita rumuskan kira-kira permasalahan itu seperti apa sih? Nanti kemudian setelah kita rumuskan. Kita akan sampaikan, kita petakan persoalan-persoalannya. Kemudian nanti mau kita apakan ini? Apakah kita laporkan ke Mendagri kah? Atau selesai ditingkat Pemda saja. Dan hari ini Rakor kita untuk kemudian menyelesaikan persoalan-persoalan batas wilayah antar kabupaten maupun antar provinsi,” pungkas Ilham yang saat diwawancarai turut didampingi oleh komisioner KPU Provinsi Bengkulu tersebut. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait