Bupati Mukomuko Janji Perbaiki Jembatan Talang Buai

Senin 31-08-2020,18:03 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Pekan ini Kerusakan Dicek Kadis PUPR

RBO >>> SELAGAN RAYA >>>  Bupati Mukomuko, H. Choirul Huda, SH janji akan memperbaiki jembatan Desa Talang Buai, Kecamatan Selagan Raya secara bertahap. Perbaikan tahap pertama diupayakan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (PBDP) tahun 2020 ini. Pernyataan tersebut disampaikannya saat menghadiri kegiatan penanaman 10.000 bibit nangka di Desa Talang Buai pada Minggu,(30/8).

Di sela kegiatan penanaman 10.000 bibit nangka tersebut, Amdani, yang mewakili masyarakat Talang Buai mengatakan, mayoritas penduduk Desa Talang Buai adalah petani. Jika dipersentasekan 98 persen masyaraktanya pergi pagi pulang malam bekerja sebagai petani. Desa Talang Buai bisa dikatakan salah satu tulang punggung penyumbang hasil pertanian di Kabupaten Mukomuko. Namun, hasil produk pertanian warga dihargai dengan murah. Mulai dari padi, sawit, cabai, jagung, dan hasil pertanian lainnya. Penyebab utamanya adalah faktor infrastruktur.

"Hasil pertanian dari Desa Talang Buai ini cukup luar biasa. Seperti harga sawit kami diberi murah, dibanding dengan desa tetangga. Karena akses penjemputan hasil pertanian kami sulit. Jembatan untuk menuju ke Talang Buai bukan hanya jembatan gantung, tetapi berbuai, dan dalam kondisi rusak," keluhnya.

Dirinya yang mewakili masyarakat Desa Talang Buai, mohon dengan sangat kepada Bupati Mukomuko, Choirul Huda, untuk merubah jembatan tersebut menjadi jembatan permanen. Karena jembatan itu akses utama keluar masuk Desa Talang Buai. Selain dari keluar masuk orang, jembatan tersebut juga dijadikan sebagai akses mengeluarkan hasil pertanian dari Desa Talang Buai. "Kami sangat berharap kepada bapak bupati menganggarkan dana untuk pembangunan jembatan tersebut. Karen jembatan itu sangat penting bagi masyarakat untuk mengeluarkan hasil pertaniannya. Karena lahan persawahan dan perkebunan sawit di Desa Talang Buai ini cukup luas," imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Mukomuko, Choirul Huda, mengatakan, aspirasi ini akan dia bawa untuk ditindaklanjuti. Di depan ratusan masyarakat Desa Talang Buai hari itu, dia memerintah langsung Kepala Dinas PUPR Mukomuko, dalam hal ini Kabid Bina Marga, untuk melakukan pengecekan kondisi jembatan. "Kondisi jembatan itu akan kita cek dulu. Kita upayakan anggaran perbaikannya di APBDP tahun 2020 ini. Yang jelas jembatan tersebut kita perintahkan Kadis PUPR untuk melakukan pengecekan Selasa 1 September 2020 (hari ini red)," demikian Bupati.(ide)

Tags :
Kategori :

Terkait