Potensi Laut Desa Penago I Sangat Menjanjikan

Senin 31-08-2020,20:28 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, SELUMA - Desa Penago 1 Kecamatan Ilir Talo adalah desa di kawasan pesisir yang memiliki potensi kelautan melimpah. Dengan besarnya potensi laut didukung dengan potensi wisata yang indah, membuat desa eks transmigrasi tahun 70-an terus berpacu membangun desa. "Hampir mayoritas masyarakat berprofesi sebagai nelayan. Potensi pantai dan wisata yang ada memicu program desa bagaimana menggeliatkan ekonomi masyarakat yang ada," kata Kades Penago 1, Kecamatan Ilir Talo, dikonfirmasi di Kantor Desa, Senin (31/8).

Sebagai bentuk rasa syukur atas kekayaan laut, masyarakat didukung pemerintah Desa Penago 1, menggelar acara syukuran dan kenduri nelayan yang disoundingkan dengan peringatan bulan Muharam.

"Kegiatan ini bukanlah larung sesaji, tapi sebagai bentuk syukuran atas rezeki akan kekayaan laut. Selain itu, memperingati bulan Muharam," kata Kades.

Dibagian lain lanjut Kades, kegiatan tersebut sebagai media mempromosikan objek wisata Pandan Sari dan moment memperingati hari jadi desa.

"Desa Penago 1 merupakan eks transmigrasi dari Jawa Timur tahun 1970-an. Saat itu terdiri dari 50 KK dan hingga saat ini beranak pinak dan tumbuh mengakar," sampainya.

Ditambahkan kades, poteni sektor kelautan dan potensi pantai adalah masuk skala prioritas Desa Penago 1, setelah pertanian. Oleh sebab itu pemerintah desa berharap adanya dukungan pemerintah daerah dan semua pihak untuk status kawasan Cagar Alam (CA) menjadi kawasan Taman Wisata Alam (TWA).

"Pantai Penago 1 sudah pantas turun status untuk jadi TWA (taman wisata alam) karena disitu terdapat pelabuhan nelayan. Sudah otomatis banyak dikunjungi orang, masyarakat 90 persen mendukung untuk jadi pantai wisata. Kami mohon kepada pemerintah daerah untuk menindak lanjuti keinginan masyarakat Penago 1," harapnya. (0ne)

Tags :
Kategori :

Terkait