Desa Makmur Jaya Bangun Danau Buatan

Selasa 22-09-2020,18:51 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  AIR RAMI >>>  Desa Makmur Jaya, Kecamatan Air Rami, Kabupaten Mukomuko bakal memiliki objek wisata andalan. Sebab, Pemdes tersebut berencana membangun objek wisata (danau buatan). Lokasi rencana pembangunan objek wisata tersebut tepat di belakang kantor Desa Makmur Jaya, dengan luas lahan kurang lebih sekitar 2,5 Ha. Rencana Pembangunan wisata buatan ini bertujuan untuk menciptakan objek wisata milik Pemerintah Desa Makmur Jaya dan menjadikan pemasukan kas desa.

Menurut Kades Makmur Jaya, Agus Salim, sebelumnya lokasi rencana pembangunan objek wisata tersebut sudah ditinjau Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan (PUPR) Kabupaten Mukomuko, Dinas Pariwisata Pemudaan dan Olahraga (Disparpora) dan anggota DPRD Mukomuko. Lahan lokasi pembangunan objek wisata tersebut murni milik Desa Makmur Jaya. Pembangunannya akan dilakukan secara bertahap. Karena membutuhkan anggaran yang besar. Untuk tahap awal harus digali dan pelebaran kurang lebih sekitar 1 Ha.

"Sebenarnya pelebaran dan penggalian lokasi tersebut dilakukan pada tahun ini. Karena penyebaran covid-19, maka pekerjaan tersebut belum bisa direalisasikan. Jadi, pelebaran dan penggalian dilakukan tahun depan," ungkap Agus saat dihubungi radarbengkuluonline.com tadi siang.

Sambungnya, untuk menciptakan sebuah danau buatan tentu membutuhkan anggaran yang besar. Maka dari itu tidak sanggup dihandle oleh APBDes. Oleh karena itu pemerintah desa akan koordinasikan dengan pemerintah Kabupaten Mukomuko, melalui dinas terkait. Termasuk DPRD Mukomuko. Selain itu, pihaknya juga berencana akan berkoordinasi dengan pihak perusahaan.

Setidaknya pada tahap pertama dapat dilakukan pelebaran dan penggalian. Apabila danau tersebut sudah terbentuk, baru pemerintah desa dibantu pemerintah kabupaten mengajukan anggaran untuk pengembangan ke Kementerian pusat.

"Kebutuhan anggaran tentu tidak sedikit. Pemerintah desa akan terus koordinasikan dengan pemerintah kabupaten serta pihak perusahaan. Mudah-mudahan tahun depan terealisasi," demikian Agus.(ide)

Tags :
Kategori :

Terkait