Srikandi Fajar Anita: Pilkada Kali Ini Kesempatan Bagi Perempuan

Minggu 27-09-2020,18:38 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>> MUKOMUKO >>>  Menurut Srikandi PAN Mukomuko, Fajar Anita, Pilkada Kabupaten Mukomuko pada tahun 2020 ini menjadi kesempatan bagi perempuan untuk mengambil peran lebih penting dalam politik maupun pengambilan keputusan pemerintahan di daerah ini. Majunya Wasri sebagai Calon Wakil Bupati Mukomuko berpasangan dengan Sapuan, menjadi bukti kalau perempuan sudah mulai diperhitungkan dalam peta politik.

Majunya Wasri ini, kata Anita sekaligus menjadi catatan sejarah bagi Kabupaten Mukomuko secara umum dan khususnya bagi kaum hawa di daerah ini. "Sebab, Wasri satu-satu perempuan, sampai saat ini yang berani tampil sebagai calon kepala daerah," ungkap Anita yang sekarang duduk di Komisi III DPRD Mukomuko.

Menurutnya, keterwakilan perempuan di jajaran pemerintahan Kabupaten Mukomuko masih sangat sedikit. Baik itu di kursi eksekutif maupun legislatif. Kata Anita, belum banyak perempuan ditempatkan di jabatan tinggi pada birokrasi Mukomuko. Termasuk di Legislatif, keterwakilan perempuan juga masih minim. Yakni, hanya satu orang dari 25 Anggota DPRD Mukomuko.

"Mukomuko kan sudah empat kali Pileg. Perempuan yang terpilih cuma satu orang. Pada periode 2014-2019, Bu Wasri masuk gantikan Pak Dedy Kurniawan melalui proses PAW. Jadi, kami berdua perempuan. Itu aja sudah bangga saya. Suara kami (perempuan) lebih kuat waktu itu," ujar Anita.

Menurut Anita, peran perempuan dalam politik dan pengambilan keputusan itu penting. Terlebih untuk mengatasi permasalahan perempuan dan anak, kemiskinan, keterbelakangan perempuan, serta meningkatkan kesetaraan gender diberbagai bidang pembangunan.

"Di Pilkada kali ini, salah satu Calon Wakil Bupati adalah perempuan. Jadi saatnya kaum hawa juga punya peran dalam pembangunan daerah," sampainya.

Wasri Perempuan Sederhana Ditanya tentang sosok Wasri, bagi Anita, Bu Wasri merupakan sosok yang sederhana serta memiliki kepribadian yang hangat dan ramah. Hal itu ia rasakan selama "sebangku" kurang lebih empat tahun bersama Wasri di DPRD Mukomuko pada periode 2014-2019 lalu.

Anita yakin, dengan pengalaman serta riwayat politik Wasri yang memang bergerak dari bawah, mulai dari perangkat desa, kemudian dipercaya jadi Kepala Desa, dan karir politiknya terus menanjak hingga menjadi Anggota DPRD Mukomuko, Bu Wasri akan mampu menjadi penyempurna tatanan Kepala Daerah Mukomuko kedepan.

"Dan saya rasa Bu Wasri mampu untuk mendampingi Pak Sapuan di Pilkada ini," demikian Anita. (sam)

Tags :
Kategori :

Terkait