Talang Pungguk Salurkan BLT DD Bulan Keempat

Rabu 30-09-2020,20:20 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, ARGA MAKMUR - Pemerintah Desa (Pemdes) Talang Pungguk Kecamatan Air Besi Kabupaten Bengkulu Utara mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT – DD) lanjutan bulan ke empat. Setelah usai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT – DD) bulan pertama, kedua dan ketiga.

Pemdes Talang Pungguk pada hari Rabu (30/09/2020) mulai menyalurkan BLT – DD lanjutan bulan keempat kepada 23 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di kantor desa setempat. Acara yang di hadiri, Sekcam Air Besi Dairmansyah, Kabid Pemdes DPMD BU Alamsyah, Kades Talang Pungguk Gulam Wahyudi serta perangkat, BPD dan Bhabinkamtibmas berjalan lancar. “Alhamdulillah hari ini kita kembali menyalurkan BLT – DD lanjutan bulan keempat kepada 23 KPM. Namun BLT – DD kali ini berbeda dari periode sebelumnya. Kalau dulu Rp. 600.000,-per KPM, namun untuk yang lanjutan ini hanya Rp. 300.000,- per KPM dan penyaluran BLT DD ini ada sedikit keterlambatan karenakan ada perubahan, mengingat sebelumnya penerima BLT DD berjumlah 24 orang dan sekarang 23 orang dengan alasan 1 warganya menerima Bantuan Sosial Tunai ( BST )," kata kades.

Dijelaskan Gulam Wahyudi telah di atur oleh Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 50 tahun 2020 tentang pengelolaan Dana Desa. Dimana untuk BLT DD yang sebelumnya hanya 3 bulan dengan total Rp.600.000,- kini tambah 3 bulan dengan total penerimaan Rp.300.000,-.

Dikatakan Gulam, penyaluran BLT DD bulan empat ini sudah melalui mekanisme lewat hasil rapat Musdes yang melibatkan seluruh perangkat desa,BPD, tokoh masyarakat dan tokoh agama. ”Dari total penerima Untuk BLT – DD bulan empat yang berjumlah 23 KPM ini semua itu telah terdata berdasarkan musyawarah Khusus Desa," jelas dia.

Sementara Sekcam Air Besi, Dairmansyah yang turut menyaksikan penyaluran BLT tersebut sangat mengapresiasi kinerja Pemdes Talang Pungguk yang telah sukses menyalurkan BLT – DD lanjutan ini yang berjalan aman dan kondusif. “Kita sangat apresiasi atas kinerja Pemdes Talang Pungguk yang bekerja dengan baik demi mensuakeskan BLT – DD lanjutan bulan empat ini,” ucap dia.

Sekcam mengimbau masyarakat Desa Talang Pungguk untuk mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker saat berpergian, sesuai peraturan perundang-undangan nomor 50 tahun 2020. Bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker saat berpergian akan di kenakan sanksi seperti, nyapu jalan dan membersihkan sampah selanjutnya akan di kenakan denda tergantung tingkat kesalahannya mulai dari Rp.100.000,- sampai Rp.1.000.000,- ujarnya

Kabid Pemdes DPMD BU juga mengapresiasi kinerja Pemdes Talang Pungguk yang dalam penyaluran BLT DD meskipun dikatan Kades ada keterlambatan. “Patut diapresiasi, walaupun diakui kades penyaluran BLT DD ini ada keterlambatan, namun ketelitian Pemdes ini yang patut diacungi jempol,” singkat Alamsyah. (bri)

Tags :
Kategori :

Terkait