Ratusan Terjaring Razia Masker, Kesadaran Masyarakat Masih Rendah

Kamis 01-10-2020,21:21 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, BENGKULU - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bengkulu, Murlin Hanizar mengatakan, kesadaran masyarakat untuk memakai masker sesuai protokol kesehatan untuk mecegah penyebaran Covid-19 di daerah ini masih rendah. Hal ini terlihat di beberapa tempat umum masih banyak warga tidak memakai masker. Sehingga berpotensi terjadi peningkatan kasus Covid-19.

"Meski kami bersama TNI dan Polri gencar melakukan sosialisasi pemakaian masker, tapi masih saja banyak warga tidak memakai masker saat keluar rumah, termasuk di tempat-tempat umum," katanya.

Ia mengatakan, saat pihaknya bersama TNI dan Polri melakukan razia protokol kesehatan rata-rata berhasil menjaringan warga tidak memakai masker antara 200 hingga 300 orang perbulannya. Mereka tidak memakai masker ini terdiri dari pejalan kaki, pengendara sepeda motor dan mobil. Warga yang terjaring tidak memakai masker masih diberikan teguran lisan, dan diminta bila keluar rumah dan pergi ketempat umum wajib memakai masker agar tidak terjangkit virus corona. Namun, awal Oktober ini warga yang tidak memakai masker akan dikenakan sanksi berupa denda Rp 100.000 sekali pelanggaran atau dihukum sosial membersihkan sampah. Sedangkan bagi pelaku usaha yang melanggar protokol kesehatan akan dikenakan denda Rp 1 juta dan dicabut izin usaha. Sanksi ini sesuai yang tertera dalam pergub No 22 tahun 2020 tentang pendisiplinan protokol kesehatan.

"Jika tidak ada aral melintang mulai Oktober ini pergub No 22 tahun 2020 akan kita berlakukan maksimal di Bengkulu. Hal ini dilakukan untuk menekan peningkatan kasus Covid-19 di Provinsi Bengkulu," ujarnya.

Untuk menyikapi penambahan kasus ini, Satgas Penanganan Covid-19 Bengkulu, akan bersikap tegas kepada masyarakat yang terbukti melanggar protokol kesehatan. Dengan sikap tegas ini diharapkan penambahan kasus virus corona di Bengkulu, dapat dikendalikan dengan baik. Murlin mengimbau masyarakat untuk taat menerapkan protokol kesehatan, di antaranya selalu memakai masker bila keluar rumah, guna mengantisipasi terpapar virus corona.

"Tanpa ada disiplin tinggi dari masyarakat, maka kasus covid-19 di Bengkulu, akan terus bertambah. Karena itu, kita minta warga Bengkulu, taat memakai masker sehingga dapat melindungi diri dan keluarga dari terjangkit Covid-19," sampainya. (Bro)

Tags :
Kategori :

Terkait