700 Kelompok Tani Terima Program Replanting Sawit

Minggu 04-10-2020,20:26 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>> BENGKULU >>>  Ditahun 2020 ini sebanyak 700 kelompok tani yang anggaran replantingnya sudah ditetapkan, sudah disalurkan ke rekening kelompok tani masing-masing. Setiap kelompok tani per hektarenya mendapat kucuran anggaran sebesar Rp 25 juta. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, Ricky Gunarwan  kepada radarbengkuluonline.com  Minggu (4/10).

"Ya, ini upaya sebagai peremajaan kebun sawit bagi petani. Sudah ada 700 kelompok tani yang menerima," ujarnya.

Untuk memastikan program replanting berjalan baik dan sesuai harapan, pihaknya langsung mengecek sejumlah titik lokasi program replanting di Kabupaten Seluma. Antara lain Kecamatan Semidang Alas, Semidang Alas Maras, dan Ilir Talo.

“Khusus di Kabupaten Seluma pada tahun ini ada 1.200 hektare lahan yang masuk ke dalam program replanting,” kata Ricky Gunarwan, di sela-sela kunjungannya tersebut.

Dijelaskannya bahwa program peremajaan (replanting) sawit atau penanaman kembali kebun/lahan yang gundul dan membongkar tanaman sawit tua yang tidak lagi produktif merupakan upaya pemerintah meningkatkan produktivitas tanaman sawit masyarakat.

“Program ini sangat penting untuk dilakukan dan proses peremajaan sawit harus berjalan baik. Untuk itu Dinas Pertanian turun langsung ke titik-titik lahan yang akan direplanting guna memastikan programnya berjalan dengan baik, dan apa yang menjadi target dalam program inipun tercapai dengan baik,” sampainya. (Bro)

Tags :
Kategori :

Terkait