KPU Akan Siapkan Bilik Khusus di TPS

Selasa 06-10-2020,20:05 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Irwan Saputra : Regulasinya Masih Dibahas KPU Pusat

RBO >>> BENGKULU >>>  Dalam Pilkada serentak tahun 2020 ini, selain banyak regulasi baru terkait antisipasi penyebaran wabah pandemic Covid-19, juga ada kemungkinan besar di TPS bakal disiapkan satu bilik suara khusus.

“Memang saat ini KPU belum mengeluarkan regulasi tentang bilik khusus. Tapi itu baru dilakukan tiga kali simulasi oleh KPU RI. Saat ini, untuk bilik khusus tersebut, formatnya masih seperti yang kami sosialisasikan sebelumnya. Belum ada perubahan. Bilik khusus kalau menurut format yang disimulasikan saat ini, ada di setiap TPS. Jadi posisinya berdempetan, tapi berada di luar area TPS. Dimana ada satu bilik khusus di setiap TPS. Tapi sekali lagi saat ini regulasi resminya sedang disusun terkait bilik khusus tersebut,” ungkap Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra S.Ag, MM kepada radarbengkuluonline.com Selasa  (6/10).

Bilik khusus ini, terang Irwan, gunanya adalah mengantisipasi terjadinya penyebaran Covid-19 di suatu daerah yang angka peningkatan kasus positif Covid-19 nya cukup tinggi. “Untuk bilik khusus ini nanti juga akan dibahas terkait petugas KPPS nya. Dan kita nanti juga akan berkoordinasi dengan pihak terkait, apakah nanti petugas bilik khusus ini adalah dari tenaga kesehatan. Memang saat ini regulasinya sedang dibahas, namun tentang ketersediaan bilik khusus di TPS itu memang sudah diatur dalam PKPU. Hanya tekhnisnya seperti apa, apakah satu desa/kelurahan satu bilik khusus, atau setiap TPS nanti ada bilik khususnya. Nah dalam draft yang disusun saat ini, kita ajukan satu TPS ada satu bilik khusus,” terangnya.

Kemudian dengan adanya bilik khusus, ini tentu juga akan berdampak terhadap kebutuhan anggaran. Karena, akan ada penambahan logistik TPS. “Jadi, nanti tidak membuat TPS baru. Hanya saja disiapkan satu bilik khusus tadi. Dan pengaturannya tersendiri. Kalau di Provinsi Bengkulu berdasarkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) kita di regulasi ada 4339 TPS. Dimana jumlah tersebut sifatnya masih sementara. Kepastiannya nanti setelah pleno ditetapkannya DPT pada pertengahan Oktober nanti. Dan kita sudah siapkan anggaran penambahan logistic satu bilik khusus tersebut disetiap TPS,” pungkas Irwan. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait