Pemdes Sidodadi Gelar Pelatihan Pengelolaan BUMDes

Senin 26-10-2020,20:38 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, ARGA MAKMUR - Pemerintah Desa Sidodadi, Kecamatan Arma Jaya, menggelar pelatihan peningkatan kapasitas pengelola Bumdes. Pelatihan yang dilaksanakan di balai Desa Sidodadi tersebut sebagai bagian dari upaya Pemdes Sidodadi membangun Badan Usaha Milik Desa.

Kepala Desa Sidodadi, Paijo mengatakan Bumdes merupakan bagian penting dalam upaya mendorong ekonomi desa. Apalagi realitas persaingan ekonomi yang bukan dikuasai oleh masyarakat desa, Bumdes diharapakan memberi peluang kepada masyarakat mengembangkan usaha ekonomi berdasarkan kajian potensi serta masalah yang ada di desa, terutama di masa Pandemi Covid 19.

Tujuannya agar masyarakat bisa berdaya dan berdaulat secara ekonomi. “Kami telah melewati beberapa tahap diantaranya berdiskusi dengan masyarakat desa dan pihak terkait untuk membentuk Bumdes. Tujuannya untuk meningkatkan ekonomi masyrakat dan meningkatkan PAD bagi bagi desa, Oleh karenanya kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas bagi pengelola Bumdes memang perlu diberikan kepada tim pengelola Bumdes sehingga proses pendirian dan pengelolaan sesuai dengan regulasi yang ada,”ujar dia.

Paijo menjelaskan keberadaan BUMDes di Desa Sidodadi sangat penting dan patut diapresiasi. "Kehadiran BUMDes Sidodadi Mandiri ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Sidodadi sehingga berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat desa," terangnya.

Pantauan RADAR BENGKULU, Pemdes Sidodadi menghadikan narasumbernya dari Dinas PMD BU, Yos Sudarso D, S.STP,MM dan Anggit Purbo Kintoko, SE. (bri)

Tags :
Kategori :

Terkait