Desa Bumi Mekar Jaya Rehab Rumah Warga Kurang Mampu

Selasa 27-10-2020,18:33 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  PONDOK SUGUH >>>  Kompak! Warga desa Bumi Mekar Jaya (BMJ), Kecamatan Pondok Suguh (Ponsu) kompak rehab 1 Unit rumah warga desanya yang tidak mampu. Mereka kompak gontong royong merehab rumah Yanti, salah seorang warga desa BMJ yang tergolong tidak mampu pada Selasa,(27/10) kemarin. Warga setempat tidak hanya membantu dengan tenaga. Namun juga menyumbang material. Seperti semen, pasir, papan, seng dan fasilitas lainnya. Kegiatan rehab rumah tersebut dikomandoi langsung Pemerintah Desa BMJ dan Pemerintah Kecamatan Pondok Suguh.

Saat dikonfirmasi Pj Kades BMJ, Sumarlen Kamal, M.Pd mengatakan, tahun ini masyarakat BMJ bersama pemerintah desa dan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) sudah dua kali merehab rumah masyarakat kurang mampu. Program ini merupakan keputusan bersama dengan masyarakat dan dilaksanakan setiap tahunnya. Adapun warga yang dibantu saat sekarang ini adalah Yanti (60), yang bersangkutan memang membutuhkan bantuan. Pasalnya, saat ini ia hanya tinggal berdua dengan anaknya yang berumur sekitar 20 tahun. Anaknya juga tidak bisa ikut membantu perekonomiannya, karena keterbelakangan mental.

"Bantuan secara swadaya ini tidak hanya satu orang. Awal tahun kemarin warga juga membantu merehab salah satu rumah anggota Linmas," ucapnya kepada radarbengkuluonline.com tadi siang, Selasa (27/10) .

Sambungnya, rumah yang ditempati Yanti bersama anaknya saat ini berukuran sekitar 5x7 meter persegi, berdinding papan, berlantai tanah dan pembangunan dapur hanya seadanya. Maka dari itu pembangunan yang dilakukan oleh warga secara keseluruhan sekaligus memperluas ukuran rumah tersebut. Mulai dari dasar seperti lantai, dinding, atap serta masuk bagian dapur dengan sekalian membangun WC. Kurang lebih dana yang terkumpul dari seluruh sumbangan masyarakat sekitar Rp 10 juta.

"Zakat mal yang dikeluarkan oleh warga dikumpulkan oleh masyarakat bersama pemerintah desa. Uang itu digunakan untuk membantu warga yang kurang mampu. Bagi warga yang belum mampu mengeluarkan zakat mal, mereka bisa membantu melalui infaq semampunya," terangnya.

Sementara itu Camat Ponsu, Abdul Hadi, S.Sos menambahkan, Ia menilai masyarakat BMJ memiliki jiwa sosial, jiwa kepedulian yang tinggi antar sesama, dan rasa kebersamaan masih terjaga dengan baik. Bahkan program ini sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu. "Kami dari kecamatan sangat mendukung apa yang dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah Desa BMJ. Secara pribadi saya ikut membantu buk Yanti," demikian tambahnya.(ide)

Tags :
Kategori :

Terkait