Tahun Baru, Bunga Raksasa Mekar Sempurna di Air Terjun Talang Buai

Minggu 03-01-2021,17:44 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>> SELAGAN RAYA >>>  Bunga bangkai raksasa kembali mekar di Air Terjun Desa Talang Buai, Kecamatan Selagan Raya. Bunga dengan sebutan nama latin Amorphophallus titanum tersebut, terlihat mekar dengan sempurna. Seakan terlihat ikut menyambut tahun baru 2021 dengan penuh harapan dan optimisme. Masyarakat Desa Talang Buai pun berharap tahun baru 2021 ini bisa lebih baik dari tahun 2020. Hasil pertanian melimpah ruah, dan harga jual hasil pertanian bisa bersahabat di kalangan petani.

Biasanya kehadiran bunga bangkai raksasa itu menjadi magnet pengunjung wisata air terjun Desa Talang Buai. Namun, dikarenakan wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Surat Edaran (SE) Bupati Mukomuko, tentang larangan sementara mengadakan kegiatan yang bersifat kerumunan dan keramaian, sehingga wisata air terjun Desa Talang Buai sepi pengunjung. "Biasanya kalau tahun baru wisata air terjun itu ramai pengunjung dari desa lain. Apa lagi ada bunga yang mekar seperti saat ini," ucap salah seorang Pemuda Desa Talang Buai, M. Wahyu kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Menurutnya, bunga dengan nama latin Amorphophallus titanum ini, sudah sekian kali tumbuh dan mekar dengan sempurna di air terjun Desa Talang Buai. Namun, sejauh ini belum ada perhatian khusus dari pemerintah. Baik itu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu, maupun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko.

"Kalau tidak salah ini bunga yang mekar ke 10 kali. Sebelumnya bunga bangkai raksasa ini juga sering mekar di air terjun Talang Buai. Tapi, sayangnya sampai saat ini air terjun Desa Talang Buai belum tersentuh tangan pemerintah," imbuhnya kemarin.

Masyarakat Desa Talang Buai, kedepan berharap Pemkab Mukomuko bisa melestarikan Air Terjun yang berada di Desa Talang Buai. Sesuai dengan program kerja dan visi misi Bupati Mukomuko terpilih, Sapuan-Wasri pengembangan wisata juga termasuk dalam program prioritas. Masyarakat Desa Talang Buai sangat berharap wisata air terjun tersebut bisa dikembangkan dan menjadi sumber Pendapatan Asli Desa (PADes) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD).(ide)

Tags :
Kategori :

Terkait