Ini Dia Penyebab Aroma Pandan yang Menghebohkan di Kota Bengkulu

Selasa 19-01-2021,19:29 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>> BENGKULU >>>  Beberapa hari belakangan ini  terjadi fenomena bau pandan yang bersumber dari area Danau Dendam Tak Sudah, Kelurahan Dusun Besar, Provinsi Bengkulu. Ini menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat Bengkulu.

“Informasi bau pandan ini memang sangat fenomena di Kota Bengkulu akhir-akhir ini. Terutama di sosial media,’’ ujar Ketua Pedagang di Danau Dendam Tak Sudah, Saiful Anwar (43) kepada RADAR BENGKULU Selasa (19/1) tadi.

Bau atau aroma pandan ini, lanjutnya, adalah hal yang biasa. Ini memang sering terjadi setiap tahunnya. Biasanya orang beranggapan bahwa bau pandan ini akan terjadi hal - hal mistis. Padahal tidak. ‘’Penyebab munculnya bau pandan ini disebabkan oleh musang jenis Pandan. Ini menandakan musimnya musang pandan kawin. Musang pandan masa birahi,” papar Saipul Anwar.

Pada saat musim birahi inilah, lanjutnya, musang pandan akan mengeluarkan bau atau aroma pandan yang semakin kuat dan menyengat. Ini memang berbeda dengan jenis musang lainnya. Sehingga, wajar saja kalau baunya menyebar kemana-mana. ''Kita sering mencium aroma bau pandan itu dari musang yang sedang masa birahi itu. Tidak ada yang aneh bagi kami yang ada dekat Danau Dendam Tak Sudah ini.''

Sementara itu, warga Sawah Lebar, Rheno (28) mempunyai pandangan lain. Ia mengatakan bahwa bau pandan itu pertanda akan ada petaka.

“Bagi masyarakat, bau pandan ini akan membawa petaka bagi warga Kota Bengkulu. Tapi bagi saya kita ambil sisi positifnya saja. Semoga bau pandan ini menjadikan Kota Bengkulu lebih berkah,” ujar Rheno secara terpisah.

Mudah-mudahan saja setelah terjadi fenomena bau pandan ini, tidak ada kerugian bagi masyarakat setempat, di sekitar Danau Dendam Tak Sudah.Semoga juga ini bisa membawa berkah benaran. (Mg-3)

Tags :
Kategori :

Terkait