Warga Minta Akses Jalan Pelabuhan Kahyapu Diperbaiki, Sebelum Difungsikan

Minggu 21-02-2021,20:02 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, ARGA MAKMUR - Pelabuhan Kahyapu yang berada di Kepulauan Enggano telah selesai diperbaiki, Dinas Perhubungan Provinsi bersama ASDP dan Pelni telah melakukan uji coba sandar Kapal Ferry KMP Pulo Tello di Pelabuhan Kahyapu pada Kamis pagi (18/02/2021), Proses uji coba berjalan baik dan Pelabuhan siap beroperasi kembali.

Pelabuhan Kahyapu akan dikelolah oleh ASDP yang membawa penumpang dari Pulau Baai ke Enggano pulang pergi (PP), sedangkan pelabuhan lainnya di Enggano yakni pelabuhan Malakoni diolah oleh PP Pelabuhan dari Kementerian Perhubungan dan akan menerima sandaran Kapal Sabuk Nusantara.

Kadis Perhubungan Provinsi Bengkulu yakni Darpinudin menyebut kerusakan telah diperbaiki dan telah dilakukan uji sandar. "Kerusakan kemarin sudah diperbaiki dan telah dilakukan uji sandar Alhamdulillah berjalan baik dan lancar," Singkat Darpinudin.

Sebelum pelabuhan ini difungsikan, warga meminta adanya perbaikan jalan menuju pelabuhan, karena akses jalan ke Kahyapu sudah dalam keadaan rusak parah, sampai jalan ini tuntas diperbaiki masyarakat minta kapal penyebrangan tetap di sandarkan di Pelabuhan Malakoni.

Merespon keluhan tersebut, pihak Dinas Perhubungan Provinsi, ASDP, Pelni, Pihak Malako dan Dinas terkait lainnya telah mengagendakan rapat untuk membuat kesepakatan operasional, jika pihak Malakoni menyetujui maka akan disandarkan di Pelabuhan Malakoni sambil menunggu kepastian perbaikan jalan, namun Dinas Perhubungan Provinsi menyarankan Pelabuhan Kahyapu segera di fungsikan karena telah tuntas di perbaiki. (bri)

Tags :
Kategori :

Terkait