Sapi Warga Bengkulu Utara Tewas Diduga Jembrana

Jumat 05-03-2021,20:17 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, ARGA MAKMUR - Para peternak khususnya berada di Kabupaten Bengkulu Utara saat ini harus mewaspadai adanya serangan penyakit jembrana yang menimpa Sapi Bali dan saat ini mulai merebak di Bengkulu Utara.

Bahkan dari pendataan Tim dari Dinas Tanam Pangan Hortikultura dan Peternakan Bengkulu Utara, terhitung sejak akhir tahun 2020 lalu hingga awal Maret 2021 ini ada sekitar 15 Sapi Bali milik masyarakat  tewas setelah diserang penyakit  jembrana.

Serangan jembrana ini sendiri dapat diindentifikasi oleh para peternak salah satunya jika sapi  mengalami suhu tubuh sapi meningkat hingga 42 derajat celcius, sapi mengalami diare yang disertai dengan darah, kematian mendadak hingga adanya bercak bercak darah pada sapi.

Namun meski dapat menyebabkan kematian, Kepala Dinas TPHP Bengkulu Utara yakni Kuasa Barus menghimbau masyarakat untuk tidak panik disebabkan jembrana tersebut dapat diobati dan meminta warga untuk segera melaporkan ke Puskeswan yang ada di masing – masing perwakilan Kecamatan.

“Kita himbau kepada warga masyarakat agar tidak panic, karena jembrana ini bisa di obati, jika ada yang mencurigakan segera melapor” Ujar Kuasa Barus. Kuasa barus juga menyebutkan, sebagai upaya antisipasi pihaknya akan melakukan vaksinasi terhadap Sapi Bali yang rawan terserang penyakit jembrana. (bri)

Tags :
Kategori :

Terkait