M Saleh Berdoa Agar Jemaah Calon Haji Bengkulu Bisa Berangkat Tahun Ini

Jumat 12-03-2021,13:45 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  BENGKULU >>>  Anggota Komisi VIII DPR RI H. Mohammad Saleh SE mengharapkan agar penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021 ini bisa terlaksana, meskipun di tengah pandemi Covid-19. Untuk pelaksanaannya sendiri, tetap dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Diantaranya calon jamaah bebas Covid 19.

“Diketahui sampai saat ini Pemerintah Indonesia masih menunggu keputusan Pemerintah Arab Saudi terkait penyelenggaraan haji tahun ini, termasuk biayanya. Apalagi sejumlah Pemerintah Daerah, termasuk Provinsi Bengkulu juga telah mulai mempersiapkan Jemaah Calon Haji (JCH) yang akan diberangkatkan ke tanah suci Mekkah,” ungkap anggota Fraksi Golkar DPR RI Dapil Bengkulu tersebut pada radarbengkuluonline.com, Jumat, (12/3).

Menurut Saleh, alasan penyelenggaraan ibadah haji bisa terlaksana mulai tahun ini, karena tidak saja calon jamaah Indonesia dan Bengkulu khususnya, tetapi dari seluruh dunia sudah menunggu. Mengingat pada tahun lalu, Pemerintah Arab Saudi tidak memperbolehkan melaksanakan ibadah haji.

“Kita dari legislatif mengapresiasi seperti Pemprov Bengkulu bersama Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi sudah mulai mempersiapkan segala sesuatunya untuk penyelenggaraan haji tahun ini. Termasuk tersedia anggaran dana melalui APBD Provinsi. Itu sangat bagus, karena memang seharusnya mempersiapkan, agar ketika keluar keputusan Pemerintah,  jemaahnya sudah siap diberangkatkan sesuai dengan kuota yang ditentukan,” ujarnya.

Selain itu Saleh menyebutkan, sebelumnya sempat penyelenggaraan ibadah umrah sudah bisa dilaksanakan, tetapi karena pandemi Covid 19 ini semakin tidak terkendali, Pemerintah Arab Saudi kembali menutupnya. Bahkan jemaah yang sudah terlanjur berangkat, dilarang masuk wilayah Arab Saudi. “Kita tunggu saja dulu keputusan Pemerintah Arab Saudi melalui Pemerintah kita. Mudah-mudahan saja kasus Covid melandai dan vaksinasi berjalan sukses, sehingga penyelenggaraan haji bisa dibuka kembali,” harapnya.

Sementara itu secara terpisah, sebelumnya Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Bengkulu, Drs H. Zahdi Taher M.Hi menyebutkan, sampai saat ini Pemerintah belum mengeluarkan keputusan terkait penyelenggaraan haji tahun ini.

Meskipun demikian, persiapan tetap dilakukan, agar ketika penyelenggaraan haji diperbolehkan, JCH asal Provinsi Bengkulu yang akan berangkat sudah siap. “Rapat persiapan sudah kita lakukan bersama Pemprov Bengkulu dan kepada JCH sudah disampaikan pemberitahuan awal. Mengingat jika final berangkat, kita langsung melakukan penandatanganan kerjasama dengan pihak maskapai penerbangan,” pungkas Zahdi.(idn)

Tags :
Kategori :

Terkait