Dipuji, Online Shop Produk SMKN 4 Kota Bengkulu Diresmikan

Senin 05-04-2021,20:53 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Plt. Kadis Dikbud Prov Orang Pertama Beli

RBO >>>  BENGKULU >>>  Setelah diluncurkan secara resmi online shop milik Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Kota Bengkulu Senin (5/4) oleh Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu, Drs. Eri Yulian Hidayat, M.Pd, ia jadi orang pertama yang membeli produk online shop tersebut melalui website http.siplahsmkn.com menggunakan sistem jasa Cash On Delivery (COD).

"Yang seperti inilah kami harapkan. Harus ada inovasi terus menerus dari pihak sekolah, sembari menjalin kerjasama yang baik dengan Industri dan Dunia Kerja (IDUKA) dalam pembuatan online shop ini dari pihak PT. Multi Jago Multi Dimensi. Selain itu, manajemennya juga harus ditata dengan baik. Contoh, kalau ada masyarakat yang membeli online shop sistem COD, itu nanti siapa yang akan mengantarkannya ke lokasi tersebut," ujar Plt. Kadis Dikbud Provinsi, Eri Yulian kepada radarbengkuluonline.com, Senin (5/4).

Dalam kesempatan itu, Eri membeli baju batik di online shop milik SMKN 4 Kota itu. Dimana siswa Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) memberikan testimoni kepada Eri bagaimana cara memesan suatu barang atau produk melalui website http.siplahsmkn.com, atau bisa mendownload play store atau app store Jago Mart. "Kami mendukung penuh apapun itu terkait program-program dari sekolah, yang berguna untuk masyarakat maupun siswa. Seperti online shop ini. Teruslah bekarya. Karena, SMK memang berbeda dari SMA pada umumnya. Mereka lebih banyak praktik daripada teori," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SMKN 4 Kota, Dr. Paidi, M.TPd mengatakan, sekolahnya menjadi salah satu dalam pengembangan aplikasi untuk online shop. Pembuatan online shop ini didampingi oleh PT Jago Multi Dimensi dalam pengembangan sistem aplikasi online shop tersebut. "Secara keseluruhan sistem ini memang dipantau oleh pihak PT Jago Multi Dimensi. Sedangkan kami berkonsentrasi untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Harapan kami, kerjasama ini dapat melahirkan dan menyalurkan semua karya siswa SMK. Contohnya, produk batik tulis itu kerjasama dengan SMKN 5 Kota. Sedangkan untuk SMK lainnya juga sudah kami sepakati, baik itu SMKN 3, 2, 1 dan 6 menyatakan bersedia untuk berkolaborasi dalam penjualan online shop kami," kata Dr. Paidi.

Intinya, SMKN 4 Kota salah satu sekolah yang mengembangkan sistem, menyiapkan rumah untuk transaksi online shop. Sedangkan untuk pengisi produk yang dijual itu dari SMK yang ada di Kota Bengkulu. "Selain dari lembaga sekolah, masyarakat di Kecamatan Sungai Serut juga akan menjualkan produknya melalui online shop kami," tutupnya. (ach)

Tags :
Kategori :

Terkait