Doni Monardo Ingatkan Bengkulu Selalu Waspada

Jumat 16-04-2021,18:00 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Ada Potensi Pertemuan Sunduksi Jadi Alarm

RBO >>> BENGKULU >>>  Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI (HC) Doni Monardo di Bengkulu mengingatkan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu bersama komponen yang ada, termasuk masyarakat yang berada di bibir pantai, agar lebih siap dan waspada. Ini mengingat disebutkan ada potensi terkait pertemuan suduksi Indo Australia dengan Indo Aurasia di wilayah segmen Enggano, yang energinya masih tersimpan.

Menurut Doni, kesiapan seluruh komponen yang ada di wilayah Bengkulu ini agar tidak bergantung pada teknologi semata. Karena ketika terjadi bencana, teknologi bisa saja tidak berfungsi. Untuk itu ia meminta kearifan lokal perlu dibangun. Dicontohkan, menempatkan kaleng-kaleng bekas di dalam kamar rumah.

“Adanya kaleng-kaleng itu ketika terjadi gempa akan menjadi alarm bagi masyarakat dalam melakukan evakuasi, dengan segera keluar rumah atau mencari tempat yang aman untuk berlindung,” ungkap Doni kepada radarbengkuluonline.com , Jumat, (16/4).

Selain itu Doni meminta warga agar meningkatkan siskamling. Karena ketika terjadi curah hujan yang tinggi, antar masyarakat bisa saling mengingatkan dalam melakukan evakuasi secara dini. Terutama saat terjadi banjir. “Siskamling merupakan metode yang tepat dalam upaya antisipasi dini menghadapi banjir. Makanya saya minta di Bengkulu, warganya mengaktifkan siskamling,” harapnya.

Senada dengan itu, Gubernur Bengkulu Dr H. Rohidin Mersyah memberikan apresiasi atas informasi yang disampaikan pihak BNPB. Karena, sangat berguna bagi daerah dalam rangka upaya antisipasi sekaligus mitigasi bencana secara dini.

“Adanya saran kearifan lokal dengan memasang kaleng-kaleng bekas dalam rumah, bisa diikuti masyarakat, termasuk juga langkah penanaman pohon di wilayah pesisir pantai, kita akan terus lakukan,” pungkas Gubernur Rohidin.(idn)

Tags :
Kategori :

Terkait