Zacky Anthoni : Sukatno, Riuslan Bisa Maju Jadi Calon Ketua PWI Bengkulu

Senin 14-06-2021,19:52 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

PWI Bengkulu Buka Pendaftaran Calon Ketua

RBO >>>  BENGKULU >>>  Bagi jurnalis senior di Bengkulu yang ingin menjadi Ketua PWI Provinsi Bengkulu saat ini sudah bisa mengambil berkas formulir pendaftaran di sekretariat PWI Provinsi,  Balai Wartawan di Jalan Pembangunan.

Menurut Ketua PWI Provinsi Bengkulu, Zacky Anthony SH, MH, dalam Konferensi Provinsi (Konferprov) yang dijadwalkan tanggal 25 Juni Tahun 2021 ini, Calon Ketua akan memperebutkan sebanyak 150 suara yang telah mengantongi Kartu Tanda Anggota (KTA) PWI yang biasa. "KTA PWI biasa itu, adalah KTA yang sudah diteken oleh Ketua PWI Pusat. Dimana nanti akan ada 150 suara yang akan diperebutkan dan sebelumnya akan ditetapkan terlebih dahulu oleh PWI pusat sebagai pemilik suara. Jadi berapa suara resmi yang akan diperebutkan, tunggu kita lihat dulu nanti, berapa DPT yang ditetapkan," ungkap Zacky Anthoni saat ditemui radarbengkuluonline.com, Senin siang  (14/6).

Sebelumnya Zacky menerangkan bahwa tahap pendaftaran Calon Ketua PWI Provinsi Bengkulu sudah dimulai sejak Senin tanggal 14 Juni. Dimana untuk pendaftaran itu ketua panitianya adalah Patris Mawardi dari Harian RB. "Kalau kita lihat tadi, hari ini masih belum ada yang datang mengambil formulir calon ketua. Tapi itu nanti silakan tanya langsung dengan ketua panitia, Patris.''

Adapun untuk syarat menjadi Calon Ketua PWI Provinsi, jika berdasarkan PD PRT PWI, syarat pertama Calon Ketua ini sudah bersertifikat UKW utama dari dewan pers. Lalu anggota aktif dengan status KTA biasa PWI. Lalu pernah jadi pengurus PWI Pusat, PWI Provinsi maupun PWI kabupaten/kota. Itulah syarat utamanya.

''Sejauh ini yang memenuhi kriteria syarat untuk jadi Calon Ketua PWI Bengkulu, itu belum begitu banyak. Kalau yang memenuhi persyaratan itu saat ini 20 lebih pemegang KTA Biasa dengan sertifikasi UKW Utama. Tapi apakah nanti mereka itu akan maju atau tidak dalam Konferprov, wallahualam, kita tidak tahu. Kita lihat saja nanti. Kalau saya sendiri, juga masih belum tau apakah akan maju lagi atau tidak nanti. Tapi yang terpenting bagi saya jabatan itu bukan segalanya. Apalagi jabatan seperti Ketua PWI ini yang menurut saya ini adalah sebuah amanah. Dimana pertanggungjawabannya cukup besar. Saya menjadi Ketua PWI Provinsi Bengkulu selama lima tahun ini, juga tidak pernah terpikir untuk jadi ketua PWI waktu itu tahun 2015 lalu. Tapi kemudian saya dicalonkan jadi Ketua PWI. Saya yakin, segala sesuatu didalam hidup kita ini, sudah ada yang maha pengatur. Sudah digariskan oleh Yang Maha Kuasa. Sekarang saya mengalir saja. Saya tidak ada ambisi untuk jadi ketua PWI dan saya menghormati semua peraturan yang ada. Lalu dalam PD PRT PWI kandidat calon tidak ada syarat wajib mengantongi dukungan suara. Namun saat pemilihan nanti, yang ditetapkan jadi calon, yang memperoleh dukungan paling banyak itu yang jadi ketua terpilih."

Kemudian siapa saja pengurus atau anggota PWI Bengkulu yang bisa jadi calon ketua? Zacky membeberkannya. Seperti mantan Ketua PWI Bengkulu sebelumnya, Sukatno M.Si, lalu Riuslan Paguci dan termasuk dirinya masih bisa maju.

"Secara aturan Mas Katno, Bang Riuslan meskipun sudah pernah menjabat sebagai ketua PWI, tapi masih bisa maju jadi calon kembali. Karena Ketua PWI ini batasannya dua periode. Kita di Bengkulu belum pernah ada yang menjabat dua periode. Kalau Bang Riuslan itu dulu, dia PAW Pak Djidjoto. Mas Katno juga baru satu periode," pungkas Zacky.

Sementara itu, dari penelusuran jurnalis radarbengkuluonline.com ada beberapa nama kandidat yang digadang-gadang akan maju. Dimana ada nama Meriyani S.Kom, lalu Pihan Pino, M.Kom, Kemudian Marsal Abadi SE, Wibowo Susilo, Serta Eri dari PWI Kabupaten Mukomuko. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait