Desa Sungai Jerinjing Pemenang Lomba Desa Tingkat Kecamatan

Rabu 23-06-2021,18:59 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  SELAGAN RAYA >>>  Pemerintah Desa (Pemdes) Sungai Jerinjing ditetapkan sebagai juara I (satu) lomba desa tingkat Kecamatan Selagan Raya tahun anggaran 2021 . Penetapan tersebut berdasarkan hasil kesepakatan tim penilaian tingkat kecamatan dalam rapat pleno kemarin. Kemudian untuk juara II yaitu Desa Sungai Ipuh dan Juara III yaitu Desa Suryan Bungkal. Dimana masing-masing desa yang ditetapkan sebagai pemenang itu mendapatkan satu buah tropi dan uang pembinaan dari kecamatan.

Camat Selagan Raya, Khairul Saleh, S.Km, MM saat dikonfirmasi radarbengkuluonline.com mengatakan, kegiatan lomba desa ini tidak hanya di tingkat kecamatan saja. Tetapi juga ada tingkat kabupaten. Dimana desa yang ditetapkan sebagai juara I di tingkat kecamatan ini akan mewakili 12 Desa Kecamatan Selagan Raya di tingkat Kabupaten Mukomuko mendatang. "Ya, desa yang menjadi juara I di tingkat kecamatan akan mengikuti lomba desa tingkat kabupaten. Dalam hal ini Desa Sungai Jerinjing mewakili desa se Kecamatan Selagan Raya di tingkat Kabupaten," kata Khairul Saleh tadi siang.

Dilanjutkannya, indikator yang menjadi poin penilaian dalam lomba desa ini mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor 81 tahun 2015. Yaitu tentang evaluasi perkembangan desa. Diantaranya yaitu, mulai dari kelengkapan berkas administrasi, kinerja pemerintah desa, kewilayahan hingga ke lembaga desa juga masuk dalam indikator penilaian. "Pada saat penilaian kita dari kecamatan membentuk 2 tim. Dan masing-masing tim turun langsung ke desa-desa untuk memberikan penilaian."

Kemudian untuk lomba desa di tingkat kabupaten, ditambahkan Khairul Saleh, tim penilaian dibentuk langsung kabupaten. Dan mereka akan turun langsung ke tingkat desa untuk memberikan penilaian. Pihaknya dari kecamatan berharap desa yang mewakili desa Kecamatan Selagan Raya ini bisa mengharumkan nama Kecamatan Selagan Raya di tingkat kabupaten.

"Kalau tingkat kabupaten kita dari kecamatan tidak lagi ikut campur masalah penilaian. Kita dari kecamatan hanya memberikan pembinaan khusus kepada desa yang mewakili Kecamatan Selagan Raya. Degan harapan bisa mengharumkan nama Kecamatan Selagan Raya." (ide)

Tags :
Kategori :

Terkait