Permintaan Sapi Kurban di Seluma Menurun

Selasa 13-07-2021,19:20 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  SELUMA >>>  Pedagang hewan kurban jenis sapi di Kabupaten Seluma mengklaim permintaan hewan kurban tahun ini jauh menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya. " Jauh menurun. Ditahun-tahun sebelumnya, terlebih sebelum musibah pandemi Covid,biasanya sebulan permintaan sapi sebelum Idul Adha bisa mencapai belasan ekor sapi. Tapi sekarang baru terjual 5 ekor sapi," kata Asep Sumarna (45), salah seorang penjual sapi di Kelurahan Sido Mulyo, Kecamatan Seluma Selatan, kepadaradarbengkuluonline.com Selasa (13/7).

Kondisi ini membuat sejumlah peternak dan pedagang sapi lokal merugi dan mengurangi stok di kandang. " Saat ini stok ada sekitar 20 ekor di kandang. Banyak peternak yang menawarkan sapinya. Namun karena masuk Idul Adha, harga melambung tinggi. Sementara permintaan menurun."

Sepinya permintaan ternak hewan kurban saat ini disinyalir sebagai tanda menurunnya jumlah hewan kurban tahun ini. Baik itu jenis sapi, kambing, maupun kerbau.

Sementaraitu  sebelumnya Kepala Kemenag Seluma, Drs Mulya Hudori M.Pd menyampaikan, pendataan hewan kurban diupayakan satu pintu. " Nanti data dan jumlah kurban diupayakan satu pintu. Didata oleh petugas KUA di setiap kecamatan yang ada dengan berkoordinasi dengan kades dan pihak terkait lainnya." (0ne)

Tags :
Kategori :

Terkait