Buku Kisah 25 Nabi Selamat dari Kobaran Api

Selasa 20-07-2021,18:56 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Kebakaran Terjadi Saat Korban Salat Subuh

RBO >>>  MUKOMUKO >>>  Kebakaran 4 unit Rumah Toko (Ruko) di Desa Ujung Padang, Kecamatan Kota Mukomuko pada Jumat (16/7) lalu menyisakan kisah menakjubkan. Peristiwa di luar nalar, namun ini nyata. Dua hari pasca kebakaran atau Sabtu hingga Minggu, masyarakat Kota Mukomuko dimotori Forum Peduli Lingkungan (FPL) membantu membersihkan puing-puing sisa kebakaran. Betapa ajaibnya, para relawan menemukan Buku Kisah 25 Nabi milik korban masih utuh tanpa terbakar sama sekali tertimpa reruntuhan bangunan yang telah menjadi arang.

Kejadian ajaib ini dibenarkan M. Toha yang menjadi korban kebakaran sekaligus pemilik Buku Kisah 25 Nabi itu. Ia mengatakan, semua barang dan harta benda milik keluarganya habis terbakar, kecuali baju di badan. Tapi ia tidak menyangka, Buku Kisah 25 Nabi ditemukan masih utuh. Buku itu menjadi harta berharga yang selamat secara ajaib dari musibah kebakaran menimpa keluarga besar Toha.

Meski masih dalam suasana sedih setelah tertimpa musibah, Toha mengaku bersyukur, karena Buku Kisah 25 Nabi yang ia beli beberapa hari sebelum musibah kebakaran menimpanya bisa selamat. Buku itu ia beli untuk bahan bacaan anaknya. "Di balik musibah selalu ada saja keajaiban. Subhanallah. Alhamdulillah," ucap Toha yang merupakan wartawan senior di Mukomuko ini ketika dijumpai radarbengkuluonline.com Senin (19/7).

Buku itu dibelinya beberapa hari sebelum kejadian (kebakaran). ''Beli online. Masih dalam kardus, kami letakan di salah satu sisi dinding rumah," tambah Toha mengisahkan.

Pada saat ditemui itu, Toha masih mengingat secara persis posisi ia meletakan buku tersebut. Secara logika, Buku Kisah 25 Nabi itu tidak akan selamat dari kobaran api. Pasalnya, saat kejadian kebakaran, kata Toha, kobaran api begitu dahsyat. Sampai-sampai menghabiskan 4 Ruko milik Toha serta saudara-saudara Toha yang lain. "Allah Yang Maha Kuasa masih mengizinkan kami khususnya anak saya membaca buku itu. Semoga anak saya nanti tahu sejarah hidup 25 Nabi, dan bisa menjadikan kepribadian Rasul Allah sebagai suri tauladan dalam menjalani hidup."

Ditemukannya Buku 25 Nabi yang masih utuh ini, setidaknya dapat menguatkan keluarganya menghadapi cobaan yang sedang menimpa. ''Sebagaimana para Nabi yang begitu sabar dan tabah menghadapi cobaan yang menimpa mereka," sebut aktifis Mukomuko ini.

Diceritakannya, musibah kebakaran yang menimpa keluarga besarnya itu terjadi pada Jumat (16/7) lalu. Tepatnya sekitar pukul 05.30 WIB atau waktu subuh. Api begitu cepat melalap rumah M. Toha dan 2 orang saudaranya. Rumah ketiganya saling berdempetan.

Kata Toha, sebelum kejadian yang begitu cepat itu, ia bangun pagi dan terus berangkat ke Masjid untuk menunaikan ibadah salat subuh. Sekitar 20 menit berada di masjid, sepulang dari Masjid, ia kaget api sudah membesar membakar rumah mereka.

Syukur, kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa. Kendati demikian, kerugian materil diperkirakan Rp 1 miliar lebih. Selain bangunan, barang-barang rumah tangga dan barang-barang berharga banyak terbakar. Termasuk milik M. Toha. Hanya dapat menyelamatkan baju di badan. "Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kami. Sulit rasanya untuk membalas kebaikan semua, kecuali doa yang bisa kami panjatkan untuk rekan-rekan dan saudara-saudara sekalian." (sam)

Tags :
Kategori :

Terkait