Bijaklah dalam Menyerap Informasi, Literasi Digital di Bengkulu Selatan

Jumat 23-07-2021,15:08 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, Manna, - Untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang paham akan Literasi Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengadakan kegiatan Literasi Digital untuk meng edukasi dan mewujudkan masyarakat agar paham akan Literasi Digital lebih dalam dan menyikapi secara bijaksana dalam menggunakan digital platform di 77 Kota / Kabupaten area Sumatera II, mulai dari Aceh sampai Lampung dengan jumlah peserta sebanyak 600 orang di setiap kegiatan yang ditujukan kepada PNS, TNI / Polri, Orang Tua, Pelajar, Penggiat Usaha, Pendakwah dan sebagainya.

Ada 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Digital Skill, Digital Safety, Digital Ethic dan Digital Culture dimana masing masing kerangka mempunyai beragam thema. Gubernur Provinsi Bengkulu yaitu Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, M.M.A., Sebagai Keynote Speaker, memberikan sambutan tujuan Literasi Digital agar masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital, bermanfaat dalam membangun daerahnya masing masing oleh putra putri daerah melalui digital platform. Bp. Presiden RI, Bapak Jokowi juga memberikan sambutan dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

OLEG SANCHABAKHTIAR (Creative Concept dan Director Expert Planet Design Indonesia), pada sesi Kecakapan Digital. Oleg memaparkan tema “TIPS DAN TRIK CARA MEMBUAT KONTEN YANG MENARIK BAGI GENERASI MILENIAL”. Dalam pemaparannya, Oleg menjelaskan beberapa tips dan trik membuat konten menarik dan mempunyai nilai positif dengan cara, isi konten yang berkualitas dan kemasan sesuai marketnya, berkualitas mudah untuk ditemukan, berkualitas mudah untuk dibaca, berkualitas mudah untuk bisa dibagikan, dan kualitas yang bagus akan selalu diingat.

Dilanjutkan dengan sesi Keamanan Digital oleh, DAVITA VARIANI, S.PSI., M.PSI., PSIKOLOG (HR Manager Cyber Group dan Direktur SDM & Pengembangan PT. Talenthub Digital Indonesia). Davita mengangkat tema “PERAN ORANG TUA DALAM MEMBERIKAN AJARAN TENTANG KEAMANAN INTERNET UNTUK ANAK”. Davita membahas pilihan software parental controls yang baik diantaranya, pengaturan spesifikasi usia, penyeleksian kata kunci, jadwal akses online, memasukan daftar yang diizinkan dan dilarang, serta pengaturan dan pemberitahuan. Cara memperkenalkan dan mengajarkan keamanan internet pada anak yaitu, damping anak pada saat anak sedang mengakses internet, tanamkan pengertian tentang baik dan buruknya internet, ajarkan kewaspadaan pada anak, serta keterbukaan dalam berkomunikasi.

Sesi Budaya Digital oleh, TRIMO PONENDRI (Wakil Kepala Sekolah bidang Hubungan Masyarakat SMAN 1 Bengkulu Selatan”. Trimo memberikan materi dengan tema “LITERASI DIGITAL DALAM MENANGKAL TERORISME, RADIKALISME, DAN SEPARATISME”. Trimo menjelaskan pengaruh perkembangan teknologi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara seperti, terorisme, penggunaan kekerasan untuk menimbulkan ketakutan dalam usaha mencapai tujuan, terutama politik. Radikalisme, aliran yang menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial dan politik dengan cara kekerasan atau drastis. Serta, separatisme, gerakan untuk memisahkan diri, seperti mendirikan Negara sendiri. Bijak dalam menyerap informasi dengan memiliki pengetahuan, perbandingan, pencerahan, pemahaman, belajar, serta kebaikan.

Narasumber terakhir pada sesi Etika Digital oleh, BERNADI, S.SI (Konsultan PLUT-KUMKM Provinsi Bengkulu, Konsultan Bidang Produksi). Bernadi mengangkat tema “SOSIALISASI E-MARKET BAGI PARA PELAKU UMKM”. Bernadi menjelaskan keuntungan E-market seperti, modal promosi kecil, perluas jaringan melalui media sosial, produk UMKM pada bersanding dengan produk bermerk yang sudah ada, pasar yang luas, serta buka 24 jam. Contoh aplikasi E-market terdiri dari shopee, bukalapak, lazada, tokopedia, dan OLX. Beberapa hal penting untuk membuat profil bisnis diantaranya, beri nama pada bisnis, menulis deskripsi yang informatif, mengisi jam kerja yang sesuai dengan strategi atau rencana, pilih kategori “toko kelontongan”, serta menautkan alamat.

Webinar diakhir oleh, YULIE SUCITA (Influencer dengan Followers 10,7 Ribu). Yulie menyimpulkan hasil webinar dari tema yang sudah diangkat oleh para narasumber berupa, membuat konten yang menarik dengan cara isi konten yang berkualitas dan kemasan sesuai marketnya. Perkenalkan dan ajarkan keamanan internet pada anak dengan menanamkan pengertian tentang baik dan buruknya internet. Bijak dalam menyerap informasi di internet. Serta, salah satu keuntungan dari E-market ialah memperluas jaringan melalui media sosial. (rls)

Tags :
Kategori :

Terkait