WBP di Lapas Bengkulu Divaksin Dosis Pertama

Senin 26-07-2021,20:18 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  BENGKULU >>>  Kanwil KemenkumHAM  Provinsi Bengkulu terus menggalakkan agar seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dapat memenuhi vaksinasi. Dimana kemarin Senin (26/7) bersama Kodim 0407 Kota Bengkulu dan Puskesmas Bentiring, Lapas Bengkulu telah melakukan vaksinasi dosis pertama untuk 200 Warga Binaan. Kegiatan ini guna mendorong percepatan vaksinasi serta untuk membentuk kekebalan komunal di lingkup Lapas dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM) Provinsi Bengkulu, Imam Jauhari bersama Kadivpas, Ika Yusanti dan Kalapas Kelas II A Bengkulu, Ade Kuswanto mengatakan, kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi Lapas dengan Kodim 0407/Kota Bengkulu dan vaksinator dari Puskesmas Bentiring. Harapannya semua warga binaan dapat menerima vaksinasi Covid-19. Pihak Lapas mendapatkan bantuan sebanyak 200 vaksin dari pihak Kodim yang selanjutnya diperuntukan untuk vaksinasi WBP.

"Saat ini dilaksanakan vaksin terkhusus warga binaan yang diberi jatah sebanyak 200 vaksin oleh pihak Kodim 0407/ Kota Bengkulu bekerjasama dengan pihak Puskesmas. Semoga dengan adanya vaksin ini akan memutuskan mata rantai penularan Covid-19 khususnya di Lapas," sampainya.

Selain dilakukan vaksinasi, WBP juga ditekan untuk melaksanakan protokol kesehatan dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari di Lapas dan melakukan program olahraga guna meningkatkan imun tubuh warga binaan. Ia juga menyebutkan tidak semua WBP mendapatkan vaksinasi dikarenakan peserta vaksin harus memenuhi syarat administrasi. Yaitu memiliki nomor induk kependudukan melalui sinkronisasi SDP sistem data base pemasyarakatan. Namun pihaknya menargetkan seluruh WBP akan dilakukan vaksinasi.

Dandim 0407/ Kota Bengkulu, Kolonel Inf Uchi Cambayong mengatakan, pelaksanaan vaksinasi tersebut merupakan salah satu program serbuan vaksin TNI - Polri tahap ke empat. Kali ini pihaknya menargetkan WBP sebagai sasaran vaksinasi.

"Ini vaksinasi pertama untuk WBP sebanyak 200 vaksin. Ini memang kita TNI-POLRI sedang melaksanakan serbuan vaksin yang diawali pada HUT Bhayangkara kemarin. Ini sudah tahap keempat. Selain melaksanakan penegakan prokes kita juga mendorong pelaksaan vaksinasi. Kedepannya sisa vaksin yang belum dapat tercover akan kita usahakan untuk memenuhinya."  (Bro)

Tags :
Kategori :

Terkait