Sosialisasi Pilkades Serentak Segera Dilaksanakan

Rabu 04-08-2021,20:19 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  KEPAHIANG >>>  Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Silkades) Serentak pertama kali di Kabupaten Kepahiang 2021 yang akan diikuti sebanyak 69 desa se Kabupaten Kepahiang, saat ini sudah masuk pada tahapan persiapan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kepahiang, Ir. Ris Irianto, M.Si, menyampaikan, tahapan persiapan saat ini sudah mulai dilaksanakan di masing masing desa yang direncanakan digelar November mendatang, pembentukan kepanitiaan Pilkades sampai dengan kemarin dikatakan Ris sudah 100 persen terbentuk.

“Sekarang ini tinggal menunggu anggaran pelaksanaan saja. Mudah- mudahan dapat disahkan pada pembahasan APBD perubahan nanti,” ungkap Ris kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Lanjutnya, berdasarkan hitungan pihaknya, kebutuhan pelaksanaan Pilkades yang akan diselenggarakan sebanyak 69 desa dari 105 desa se Kabupaten Kepahiang, mencapai Rp 1,7 miliar. Bulan ini melakukan tahapan sosialisasi, terkait dengan regulasi pelaksanaan Pilkades. Selain mensosialisasikan persoalan aturan terkait dengan seluruh proses pencalonan hingga dengan tahapan pelaksanaan.

Ditambahkannya, pihaknya berkewajiban pula untuk menyampaikan regulasi pelaksanaan Pilkades ditengah pandemi wabah Covid-19, seperti penerapan prokes pada saat pelaksanaan nantinya. “Nanti juga akan menyusun jumlah maksimal pemilih per TPS ini perlu kami lakukan untuk menghindari terjadinya penumpukan masa di saat pemilihan nanti,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikannya, untuk anggaran prokes Pilkades sudah ada di 8 Persen dari dana DD yang diambil untuk penangaan Covid-19. Tinggal sekarang ini kami menunggu pengesahan anggaran di APBD Perubahan. "Maunya kita anggarannya sudah ada September ini agar pelaksanaannya sudah bisa digelar." (crv).

Tags :
Kategori :

Terkait