Dua Jembatan Pertanian Talang Buai Rusak Berat

Jumat 20-08-2021,19:09 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  SELAGAN RAYA >>>  Sebanyak 2 unit jembatan akses pertanian di Desa Talang Buai, Kecamatan Selagan Raya rusak berat. Kedua jembatan itu yakni, Jembatan Sungai Payang kondisinya saat ini nyaris ambruk. Sementara untuk Jembatan Sungai Enau sudah jebol total akibat luapan air Sungai Enau pada 6 Juli 2021 lalu. Kedua jembatan itu merupakan kebutuhan utama sebagai akses angkutan hasil pertanian, baik persawahan maupun hasil perkebunan. Seperti diketahui dalam waktu dekat ini masyarakat Desa Talang Buai yang mayoritas adalah petani sebentar lagi mulai menggarap lahan persawahan. Tentu jembatan itu sangat dibutuhkan.

Salah seorang petani Desa Talang Buai, Basir (50) mengatakan kepada radarbengkuluonline.com, jembatan Sungai Enau sangat vital bagi masyarakat Desa Talang Buai. Sebab, jembatan itu tidak hanya akses angkutan hasil persahawan. Tetapi jembatan itu juga akses angkutan hasil perkebunan sawit. Tidak sedikit masyarakat Desa Talang Buai mengeluarkan hasil perkebunan melintas di jembatan tersebut. "Hampir 75 persen lebih masyarakat Desa Talang Buai membutuhkan jembatan itu. Kami sebagai masyarakat berharap jembatan itu bisa dibangun permanen. Sehingga akses mengeluarkan hasil pertanian bisa lancar. Demikian juga dengan jembatan yang di Sungai Payang. Kalau bisa harus direhab," ucapnya tadi siang.

Sementara Pjs Kades Talang Buai, Lukman sebelumnya mengatakan, pihaknya dari Pemerintah Desa (Pemdes) sudah berupaya maksimal menyampaikan kerusakan jembatan itu ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko. Dalam hal ini Dinas PUPR, BPBD, Dinas Pertanian dan Bupati. Menurutnya, mayoritas masyarakat Desa Talang Buai memang sangat membutuhkan jembatan itu untuk menuju persawahan dan perkebunan. Untuk sementara ini jembatan itu bisa digunakan karena warga setempat sudah gotong-royong memperbaiki jembatan dengan menggunakan material dan alat seadanya.

Tetapi jembatan itu tidak mungkin bisa tahan lama. Karena, bahan yang digunakan warga hanya batang kelapa. Dan memang membutuhkan pembangunan dari pemerintah daerah. Kalau tidak, perekonomian masyarakat Desa Talang Buai bisa-bisa terancam lumpuh. "Semua foto dokumentasi terkait dengan kerusakan jembatan itu sudah kita sampaikan ke Dinas terkait. Mudah-mudahan jembatan itu segera bisa dibangun permanen." (ide)

Tags :
Kategori :

Terkait